logo rilis
Menkeu Sebut Perkembangan Teknologi yang Cepat Jadi Tantangan
Kontributor
Intan Nirmala Sari
22 Maret 2018, 19:57 WIB
Menkeu Sebut Perkembangan Teknologi yang Cepat Jadi Tantangan
FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia mendukung agenda negara anggota Kelompok 20 (G20) mengenai future of work, mengingat pentingnya proses formulasi kebijakan yang tepat tanpa menimbulkan disrupsi di pasar tenaga kerja.

Selain itu, juga untuk menjaga agar manfaat perubahan teknologi dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Terkait isu tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memandang bahwa perkembangan yang sangat cepat dalam perubahan teknologi dan transformasi lapangan kerja, merupakan tantangan yang harus dihadapi saat ini.

"Sulitnya memprediksi secara akurat arah perkembangan teknologi dan ekonomi digital terhadap pertumbuhan dan produktivitas, mendorong pengambil kebijakan berpandangan netral dalam
proses penyusunan kebijakan," kata Menkeu dalam pernyataan resmi, Kamis (22/3/2018).

Untuk itu, para pengambil kebijakan memandang, perubahan teknologi sebagai kesempatan untuk memacu pertumbuhan di masa mendatang.

Sebagai informasi, Menkeu menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 yang dilaksanakan di Buenos Aires, Argentina pada 19-20 Maret 2018. Pertemuan yang dihadiri 20 negara anggota G20, negara undangan dan observer, serta institusi internasional seperti FSB, FATF, UN, ECB, IMF, World Bank, European Commission, BIS, dan OECD tersebut, membahas risiko-risiko utama dalam *outlook perekonomian global dan juga kebijakan-kebijakan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif.


500
komentar (0)