logo rilis
Menhub Ajak Perantau Manfaatkan Program Mudik Gratis
Kontributor
Taufiqurrohman
25 Maret 2018, 11:59 WIB
Menhub Ajak Perantau Manfaatkan Program Mudik Gratis
Budi Karya Sumadi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengajak warga Paguyuban Perantau Nusantara (Papernusa) memanfaatkan moda transportasi yang disediakan pemerintah dalam program Mudik Gratis Lebaran 2018.

"Kemenhub ada program mudik gratis Lebaran, ada bus, kapal dan kereta digunakan untuk mengangkut motor. Saya mengharapkan saudara-saudara semua bisa mudik gratis," kata Budi dalam sambutannya pada HUT I Papernusa di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Dengan ikut serta dalam program Mudik Gratis Lebaran 2018, Budi mengatakan, pemudik sudah membantu pemerintah dalam mengurangi angka kecelakaan bersepeda motor.

"Mudik Lebaran jangan naik motor bahaya kalau jarak jauh, satu motor empat orang di satu sisi melanggar dan di sisi lain membahayakan," ujarnya.

Dia menyebutkan, kuota pada tahun ini semakin bertambah, antara lain untuk 15.000 sepeda motor, dan 30.000 penumpang orang.

"Kita angkut lebih banyak, kita harus menyemangati diri agar lebih daik dari tahun lalu," sebutnya.

Budi juga memerintahkan kepada setiap Dirjen, untuk menunjuk koordinator di setiap daerah agar terkoordinasi dengan baik.

"Dirjen Laut Pak Agus tunjuk koordinator nanti dari Jakarta-Semarang naik kapal, dari Semarang kita carikan bus ke terminal, bukan hanya penumpang tapi juga barang dipikirkan, kita bikin kelompok-kelompok misal 300-500 orang," katanya.

Untuk angkutan motor gratis dengan kereta api, pendaftaran telah dibuka, masyarakat wajib mendaftar serta melengkapi persyaratan dan ketentuan melalui pendaftaran daring maupun pendaftaran langsung pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Pendaftaran secara daring atau online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id dan dilanjutkan dengan proses verifikasi langsung peserta yang dilaksanakan pada 9 Februari 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

Pendaftaran angkutan motor gratis 2018 dilaksanakan di 13 tempat yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong.

Pendaftaran langsung motor untuk arus balik, dilaksanakan di Stasiun persinggahan KA Motis di daerah-daerah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei sampai 24 Juni 2018.

Masa Angkutan Motor Gratis Tahun 2018 akan dilaksanakan selama 13 hari, yaitu untuk arus mudik dilaksanakan selama enam hari dimulai dari 8 sampai 13 Juni 2018, sementara untuk arus balik dilaksanakan selama tujuh hari dimulai dari tanggal 19 Juni sampai dengan 25 Juni 2018.

Masing-masing gerbong berkapasitas 58 motor, dengan kapasitas angkut satu rangkaian KA barang sebanyak 464 motor.

Masing-masing lintas layanan akan dioperasikan satu rangkaian KA barang, dengan total kapasitas angkut KA barang dalam satu hari sebanyak 1.392 sepeda motor.

Sehingga selama penyelenggaraan motor gratis ahun 2018 yang berlangsung selama 13 hari, kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut oleh KA Barang tersebut sebanyak 18.096 sepeda motor.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)