logo rilis

Menhan Prabowo: Kita Boleh Bangun Infrastruktur Banyak dan Hebat, tapi...
Kontributor
Zulyahmin
11 November 2019, 17:30 WIB
Menhan Prabowo: Kita Boleh Bangun Infrastruktur Banyak dan Hebat, tapi...
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, memaparkan soal pentingnya pertahanan dalam menjaga kedaulatan negara saat menggelar rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). 

Menurut Prabowo, pertahanan dan keamanan negara tidak boleh dipandang sebagai komponen tambahan, melainkan menjadi tujuan yang pertama dalam bernegara. 

Bahkan, Prabowo menilai, akan menjadi percuma bila fokus membangun infrastruktur tidak dibarengi dengan menjaga kedaulatan negara. 

"Kita boleh bangun infrastruktur yang banyak dan hebat, tapi kalau tidak mampu jaga wilayah darat laut dan udara, kemampuan kita hilang sebagai negara," kata Prabowo. 

Di hadapan para anggota DPR di komisi yang salah satunya membidangi pertahanan itu, Prabowo memaparkan soal pemikiran dan doktrin pertahanan keamanan negara yang dirumuskan bersama.

"Bahwa pertahanan bagi Indonesia bukan bersifat offensive, tapi defensif. Jadi wawasan kita adalah wawasan defensif, bertahan, menjaga kedaulatan," paparnya. 

Dengan doktrin pertahanan itu, mantan Danjen Kopassus tersebut menegaskan bahwa bangsa Indonesia tidak akan memiliki niat untuk mengganggu negara lain. Namun, menurutnya, negara tidak akan tinggal diam apabila ada bangsa lain yang menggangu kepentingan dan kedaulatan Indonesia. 

"Pertahanan kita harus mendasar dan menggunakan pertahanan rakyat semesta," tegas Prabowo. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID