logo rilis

Mengupas Sejarah Hari Keuangan Nasional
Kontributor
Ning Triasih
30 Oktober 2017, 10:57 WIB
Mengupas Sejarah Hari Keuangan Nasional
Hari Keuangan Nasional. FOTO: Twitter/@KemenkeuRI.

 

RILIS.ID, Jakarta— Barangkali tak banyak orang tahu bahwa hari ini, Senin (30/10/2017) diperingati Hari Keuangan Nasional. Hari di mana Indonesia berhasil menerbitkan uang.

Baca Juga

Siapa yang tak tahu uang. Hampir semua orang pasti suka uang. Bekerje keras banting tulang demi uang. Karena uang adalah alat utama penghubung pemuas kebutuhan dan keinginan.

Hari Keuangan Republik Indonesia sendiri disahkan oleh presiden berdasarkan lahirnya uang emisi pertama RI, yang membanggakan seluruh rakyat Indonesia. Uang adalah lambang utama suatu negara merdeka serta sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum. 

Pada 17 Agustus 1945, proklamasi Indonesia dikumandangkan. Segera usai peristiwa tersebut, pemerintah RI memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri.

Pasalnya, uang bagi pemerintah bukan sekedar alat pembayaran semata, tapi juga berfungsi sebagai lambang utama suatu negara merdeka, serta jadi alat untuk memperkenalkan diri pada masyarakat luas.

Pada 30 Oktober, hari itu menjadi momen bersejarah di mana emisi pertama uang kertas "Oeang Repoeblik Indonesia" (ORI) terbit.

ORI resmi beredar ada 30 Oktober 1946 dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen. Saking bangganya Indonesia punya uang sendiri, maka pemerintah menyatakan hari tersebut sebagai hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Itulah alasan mengapa setiap 30 Oktober diperingati sebagai Hari Keuangan Nasonal.

Setelah ORI Baru ini beredar, muncul lagi seri Republik Indonesia Serikat (RIS) yang resmi diedarkan pada 1 januari 1950. 

Masa peredaran ORI memang singkat sebelum digantikan dengan uang RIS dan seri baru lainnya. Tapi penyebaran ORI cukup meluas. ORI pertama bahkan sanggup menyebar sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

Di dunia sekarang, uang tak bisa leas dalam kehidupan manusia. Jika digambarkan, uang mungkin seperti dalam sebuah lagu ciptaan Rhoma Irama, yakni  sebagai berikut:

Di dunia sekarang uang jadi pedoman
Banyak orang berkata uang berkuasa
Mereka berlomba untuk memperolehnya
Tanpa menghiraukan halal dan haramnya
Begitulah manusia di dunia sekarang


#Hari Keuangan Nasional
#Hari Keuangan
#Uang
#ORI
#RIS
#Hari Oeang ke-71
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)