logo rilis

Mengenal Kehebatan Kopassus yang Hari Ini Berulang Tahun
Kontributor
Ning Triasih
16 April 2018, 16:04 WIB
Mengenal Kehebatan Kopassus yang Hari Ini Berulang Tahun
FOTO: Instagram/@yaniandriyana

RILIS.ID, Jakarta— "Berani, Benar, Berhasil". Itulah moto dari  Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang hari ini tengah merayakah hari jadinya ke-66, Senin (16/4/2018).

Di dunia militer, Kopassus bukanlah sembarang prajurit. Pasalnya, mereka merupakan bagian dari Komando Utama (Kotama) tempur yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. 

Kemampuan Kopassus pun tak diragukan lagi. Mereka memilikikeahliah khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian dan anti-teror. Cara mudah mengenal dan membedakan antara Kopassus dengan tentara biasa yakni baret merah yang disandangnya. Karenanya, pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah.

Tugas Kopassus sendiri terbagi dua, yakni Kopasus Operasi Militer Perang (OMP) yang terdiri dari Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti-Teror dan Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus). 

Kedua, tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di antaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintan, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Sepanjang sejarah, Kopassus berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat.

Adapun beberapa operasi yang berhasil dilakukan diantaranya penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya.

Kopassus umumnya menangani operasi-operasi rahasia. Jadi, jangan heran jika kegiatan mereka bersifat tersembunyi dan tak diumbar kepada publik.

Selamat Hari Ulang Tahun ke-66 Kopassus!

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)