logo rilis

Menelisik Mojokerto, Si Kota 'Kecil-kecil Cabai Rawit'
Kontributor
Ning Triasih
08 Januari 2019, 19:02 WIB
Menelisik Mojokerto, Si Kota 'Kecil-kecil Cabai Rawit'
Mojokerto. FOTO: Instagram/@kabarmojokerto

RILIS.ID, Jakarta— Jika Anda pernah mengunjungi Kota Mojokerto, luas wilayahnya memang tak seberapa. Hanya 16,47 kilometer persegi. 

Angka tersebut hanya sekitar 10 persen dari luas wilayah Kota Bandung. Tak heran jika daerah ini dinobatkan sebagai kota terkecil di Indonesia.

Namun, meski kecil, jangan ragukan potensi wisata kota yang terletak sekitar 50 kilometer dari Surabaya, Jawa Timur ini. Mojokerto juga patut dijadikan destinasi wisata yang bisa dinikmati keindahannya.

Seperti pepatah mengatakan "kecil-kecil cabe rawit". Itulah ungkapan yang pas untuk menggambarkan kota kecil ini. Ya, meski tak seluas kota-kota lainnya, Mojokerto punya potensi wisata yang mengasyikkan, mulai dari bangunan bersejarah, pesona alam yang asri, hingga kuliner.

 

 

Di Mojokerto terdapat dua bangunan bersejarah berupa tempat ibadah yang dibangun sejak zaman Belanda, yakni Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat yang merupakan gereja tertua di Mojokerto, serta Masjid Agung Al-Fattah berdiri sejak 7 Mei 1878 di sebelah barat Alun-Alun. Ada pula Patung Budha Tidur yang bisa Anda jadikan spot untuk berfoto.

 

 

Selain itu, ada juga Dermaga Sungai Brantas, tempat  yang biasa digunakan untuk rekreasi keluarga dan arena jogging. Untuk membahagiakan perut, di lokasi ini juga ada banyak warung lesehan yang menjajakan beragam makanan seperti bakso, kikil dan soto ayam.

Liburan akan kurang lengkap jika tak membeli oleh-oleh, dan Mojokerto punya pusat oleh-oleh tersendiri. Letaknya di Jalan Benteng Pancasila atau yang kerap disingkat Benpas. Di sana, Anda tak hanya bisa membeli leh-oleh makanan saja, tapi juga produk-produk garmen seperti sepatu dan tas.

Lalu, jika Anda berwisata kuliner di Mojokerto, ada beberapa makanan yang menarik untuk disantap, seperti Onde-onde Bo Liem yang melegenda sejak 1929, Sate Bangil Bang Soleh, Gulai Menthok, dan Botok Tempe. Bagaimana, berminat ke sana?




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID