logo rilis
Mendagri Resmikan Patung dr. Tjipto Mangoenkoesoemo
Kontributor

03 Maret 2018, 22:08 WIB
Mendagri Resmikan Patung dr. Tjipto Mangoenkoesoemo
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Semarang— Dengan diresmikannya patung tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia dr. Tjipto Mangoenkoesoemo di Ambarawa, Semarang, diharapkan menjadi pembangkit nasionalisme. Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, pada Sabtu (3/3/2018) malam.

"Acara malam ini dapat kita maknai sebagai pembangkit rasa nasionalisme mengingat dr. Tjipto Mangoenkoesoemo dengan tiga serangkai merupakan pelopor terjadinya kebangkitan nasional," kata Tjahjo saat meresmikan patung tersebut.

Hal ini, kata dia, merupakan salah satu bentuk pengungkapan rasa terima kasih sebagai penghargaan atas jasa Tjipto Mangoenkoesoemo yang telah berjasa untuk kemerdekaan Indonesia.

Melalui pemikiran-pemikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan, Tjipto Mangoenkoeoesmo mampu membangkitkan semangat bangsa Indonesia untuk lepas dari belenggu kolonialisme.

Tokoh tersebut bersama Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara adalah tiga pahlawan yang dikenal dengan nama tiga serangkai. Mereka menyebarluaskan ide tentang pemerintahan Indonesia, dan sangat kritis terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

Tjahjo pun berharap dengan patung dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, bisa mengingatkan kembali pentingnya merawat nasionalisme yang dirintis para pendahulu bangsa. Jadi, jangan sampai semakin terkoyak lebih jauh karena isu-isu yang beredar sekarang.

"Tidak dapat kita pungkiri, saat ini telah terjadi degradasi semangat nasionalisme. Maraknya Isu SARA, menurunnya solidaritas dan gotong royong mencerminkan perilaku kehidupan yang telah jauh dari semangat nasionalisme," katanya.

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID