Home » Elektoral

Mendagri Datangi Bawaslu Bahas Persiapan Pilkada Serentak

print this page Selasa, 9/1/2018 | 18:25

ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri. 

Pertemuan itu dalam rangka membahas untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

"Ini adalah konteks kordinasi, bagaimana kesiapan Bawaslu menghadapi pilkada serentak 2018," kata Ketua Bawaslu Abhan di kantornya Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Terkait itu, lanjut Abhan, Bawaslu menyatakan kesiapannya menghadapi pilkada serentak 2018. Bawaslu sampai tingkat yang paling bawah sudah disiapkan dengan kemungkinan dinamika dalam pilkada.

"Kelembagaan kami sudah siap sampai paling bawah, kami akan melantik di jajaran kelurahan dan desa, karena tahapan coklit (proses pencocokan dan penelitian) akan dilaksanakan. Makanya pengawasan di tingkat paling bawah harus siap," tambahnya.

Abhan menuturkan, pertemuannya dengan Mendagri Tjahjo Kumolo juga membahas terkait potensi politik uang maupun kampanye hitam yang jamak ditemukan dalam pilkada. Dia mendorong agar kontestasi pemilihan kepala daerah tidak lagi sebatas kampanye hitam tapi mengandalkan program.

Untuk memastikan hal itu, Abhan menyatakan akan melakukan komunikasi intens dengan pihak Kemendagri.

"Kami juga sudah diskusikan bersama terkait politik uang dan kampanye hitam, kami ingin pasangan calon nanti adu program. Kami terus koordinasi dengan Kemendagri agar pilkada lancar sampai pilkada 2019," tandasnya.

Penulis Armidis Fahmi
Editor Sukma Alam

Tags:

BawasluMendagriPilkada