logo rilis
Mencari Rejeki di Tengah Pandemi, Potret Pedagang Ketupat dan Hewan Kurban Khas Idul Adha
Kontributor
Elvi R
31 Juli 2020, 11:30 WIB
Mencari Rejeki di Tengah Pandemi, Potret Pedagang Ketupat dan Hewan Kurban Khas Idul Adha
Pedagang menyelesaikan pembuatan kulit ketupat di bawah jalan tol di kawasan Bintaro. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— Jelang hari raya Idul Adha memang dijadikan momen untuk meraup rejeki bagi sebagian orang. Biasanya mereka akan berdagang hewan kurban, baik kambing, domba atau pun sapi dan kerbau. Mereka akan dadakan mengadakan hewan itu dan dijual di lahan-lahan di tepi jalan. Pedagang itu biasa memulai bisnis hewan kurban sejak tiga atau dua pekan sebelum Idul Adha. 

Tidak kalah ramai, pedagang kulit ketupat dan arang pun akan bertebaran ketika hari kian mendekati Idul Adha. Mereka menyiapkan kebutuhan masyarakat yang hendak membuat ketupat lebaran, serta membuat satai dari daging kurban.

Tim rilis.id mengabadikan momen-momen lebaran Idul Adha yang cukup berbeda tahun ini. Lebaran Idul Adha di tengah Pandemi COVID-19.

Suasana pedagang pembuat kulit ketupat di bawah jalan tol di kawasan Bintaro, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Pedagang kulit ketupat musiman tersebut menjual kulit ketupat dengan harga Rp10.000 hingga Rp15.000 (per 10 buah) setiap menjelang Idul Adha untuk memenuhi kebutuhan warga yang akan merayakan hari raya Idul Adha. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Pembeli melakukan transaksi pembelian kulit ketupat di bawah jalan tol di kawasan Bintaro, Jakarta. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Pedagang memanfaatkan lahan di bawah jalan tol di kawasan Bintaro, Jakarta untuk membuat dan menjual kulit ketupat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Pedagang menggiring hewan Kurban di Area Area trotoar di sepanjang jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jelang Idul Adha pedagang hewan kurban membuka lapak mereka untuk menjual hewan kurban kepada masyarakat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Selain menyediakan hewan untuk Idul Adha, biasanya hewan yang dijajakan menjadi hiburan bagi anak-anak. Salah seorang anak melihat hewan kurban dan memfotonya. Keberadaan kambing menarik anak-anak untuk datang. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Anak-anak sering datang ke lapak penjual hewan kurban untuk melihat dan memberi makan. Suasanya ini sekaligus dimanfaatkan mereka untuk mengenal hewan. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID