logo rilis
Menarik, Ini Arti Bahasa Tubuh Kedua Paslon dalam Debat Pilgub Jatim
Kontributor
Budi Prasetyo
12 April 2018, 12:40 WIB
Menarik, Ini Arti Bahasa Tubuh Kedua Paslon dalam Debat Pilgub Jatim
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo menilai, ekspresi bahasa tubuh pasangan calon dalam debat Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 patut dicermati. Kondisi itu menggambarkan kepekaan kandidat menyikapi permasalahan yang ada di Jawa Timur.

“Ada yang menarik jika kita bisa memperhatikan secara seksama tentang bahasa tubuh dari kedua paslon, yang bisa jadi sebenarnya adalah ekspresi dari kondisi psikis yang sebenarnya sedang dihadapi,” begitu Mochtar W. Oetomo pada Kamis (12/4/2018).

Menurut Dosen Universitas Trunojoyo Madura tersebut, ada beberapa poin penting yang berusaha ditunjukkan, bahkan ditutupi dari kedua paslon dalam setiap sesi debat.

"Khofifah dengan sikap tenangnya secara umum tampil memukau memaparkan permasalah yang ada di Jatim secara detail sesuai konteks pembicaraan, Khofifah memadukan antara kecerdasan, penguasaan masalah dan ketenangan," terang Mochtar.

"Jika saja penampilan Khofifah dibarengin dengan aksentuasi, niscaya penampilannya akan sempurna. Mengimbangi Khofifah, Emil tampil dengan pernyataan dan punch-punch yang cerdas," tambahnya. 

Mochtar melanjutkan, hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi yang ada pada pasangan GI-Puti. GI yang sepanjang sesi Nampak tegang, menyiratkan kurangnya percaya diri atas jawaban-jawaban yang dilontarkannya. Sementara Puti yang secara umum tampil canggung dan terlihat tidak telalu menguasai teknis permasalahan. Hal ini diperkuat dengan gestur tubuh Puti yang cenderung banyak bergerak, bergoyang kekanan dan kekiri, mengisyaratkan, ada yang dia khawatirkan dan seperti ingin agar sesi debat cepat selesai.

“Pernyataan-pernyataan GI-Puti cenderung normatif dalam penyampaian gagasan dan dalam menanggapi pernyataan juga pertanyaan. Ini menandakan GI-Puti play save, dan lebih dari itu kurang cakap menanggapi dan memberikan pushing yang mampu menarik perhatian publik,” tukas ayah dari dua anak itu.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)