logo rilis
Menantu dan Anak Trump Akan Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem
Kontributor
Syahrain F.
08 Mei 2018, 14:01 WIB
Menantu dan Anak Trump Akan Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem
Tanda penunjuk jalan menuju Kedubes AS di Yerusalem telah terpasang di lingkungan Arona, di Yerusalem, Senin (7/5/2018). Credit: Anadolu Agency/Mostafa Alkharouf

RILIS.ID, Washington— Pasangan suami-istri pejabat Gedung Putih Ivanka Trump dan Jared Kushner dijadwalkan akan menghadiri pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Hal itu disampaikan oleh Presiden AS Donald Trump pada Senin (7/5/2018) mengenai agenda kontroversial yang akan digelar pekan depan itu.

Melansir kantor berita Timur Tengah Anadolu Agency, Wakil Menteri Luar Negeri AS John Sullivan akan memimpin delegasi, di mana di dalamnya terdapat Ivanka Trump; Jared Kushner; Menteri Keuangan Steven Mnuchin; Duta Besar AS untuk Israel David M. Friedman.

Kepala perwakilan presiden untuk negosiasi perdamaian Timur Tengah, juga akan hadir.

Trump selama ini menghindari pernyataan mengenai kehadirannya dalam peresmian itu. Pernyataan yang dirilis pada Senin tidak mencantumkan namanya sebagai salah satu undangan yang akan hadir.

Pada Senin, Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat mendesak agar diplomat-diplomat asing dan organisasi masyarakat sipil memboikot upacara peresmian pekan depan.

"Kehadiran Anda dalam acara itu seperti memberi lampu hijau terhadap keputusan tidak sah dan ilegal ini [untuk memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem] dan ... penjajahan [Israel]," kata Erekat melalui sebuah pernyataan.

AS berencana secara resmi memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem pada tanggal 14 Mei, bertepatan dengan peringatan 70 tahun diresmikannya penjajahan Zionisme di tanah Palestina pada 1948.

Momentum diperingati oleh rakyat Palestina sebagai "Nakba" atau "Hari Bencana".

Desember tahun lalu, Presiden AS Donald Trump memicu kecaman seluruh dunia ketika dia secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Zionisme dan berjanji akan memindahkan kedutaan AS ke kota itu.


500
komentar (0)