logo rilis

Menang 10 Provinsi, PAN Harap Hasil Pilkada 2018 Jadi Referensi
Kontributor
Nailin In Saroh
28 Juni 2018, 14:11 WIB
Menang 10 Provinsi, PAN Harap Hasil Pilkada 2018 Jadi Referensi
ILUSTRASI: Hafiz

RILIS.ID, Jakarta— Calon kepala daerah yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) unggul di 10 provinsi dari 17 provinsi yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay berharap calon kepala daerah terpilih dapat membawa perubahan dan perbaikan di daerah-daerah yang dimenangi tersebut.

"Kami bersyukur atas hasil pilkada yang dilaksanakan. Ada banyak calon kepala daerah yang kami usung meraih kemenangan," ujar Saleh di Jakarta, Kamis (27/6/2018).

Setidaknya, lanjut Saleh, para kandidat yang akan bertarung selanjutnya dapat menjadikan hasil ini sebagai referensi. Cakada ke depan akan bisa melihat partai mana saja yang bekerja sungguh-sungguh dalam memenangkan pilkada. 

"Dengan begitu, terlihat jelas partai-partai yang memiliki jaringan yang siap bekerja dan bekerjasama dengan partai-partai lainnya," katanya.

Saleh mengungkapkan, secara umum dari seluruh penghitungan hitung cepat yang dilakukan, PAN berhasil memenangkan pilkada 58,8 persen. Perolehan ini, kata dia, adalah tertinggi dibandingkan dengan partai-partai lain.

"Artinya, calon yang kami usung menang di banyak daerah," terangnya.

Dari hasil tersebut, tambahnya, PAN tentu berharap lebih mudah berbicara dengan partai-partai lain. Termasuk untuk membicarakan bergabung dengan koalisi yang telah ada maupun kemungkinan untuk membentuk koalisi baru. Masih cukup waktu untuk melakukan hal itu.

“Sampai saat ini, PAN belum memutuskan langkah final. Kami akan menjajagi dulu berbagai kemungkinan. Termasuk kemungkinan membuat poros baru bersama dengan yang lain. Tentu ini pilihan terakhir bisa saja dilakukan," tandas Saleh.

Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan calon yang diusung PAN unggul di Sumatera Selatan, Lampung, Riau dan Jawa Timur. Hasil yang sama juga diperoleh di Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID