Home » Elektoral

Menakar Suara Gus Ipul-Puti dan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

print this page Jumat, 12/1/2018 | 17:19

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo, Surokim Abdussalam menilai, pertarungan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno akan membelah suara Nahdliyin di Pilgub Jatim 2018.

Menurutnya, suara warga Muslimat kemungkinan akan berlabuh ke pasangan Khofifah-Emil. Di sisi lain, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur mendulang suara kyai struktural NU sampai akar rumput. 

"Suara Fatayat dan Muslimat cenderung bulat ke Khofifah, kalaupun berkurang tidak akan lebih dari 10 persen. Sementara Gus Ipul akan banyak di-support kyai struktural NU akan memeroleh dukungan dari pengurus struktural NU," kata Surokim kepada rilis.id, Jumat (12/1/2018).

Dia menjelaskan, pertempuran sengit antara Gus Ipul-Puti dan Khofifah-Emil akan terjadi di wilayah Mataraman, Arek dan Madura. 

"Jika dilihat dari sebaran wilayah KIP (Khofifah) relatif berjaya di pantura dan mataraman atas. Sementara Gus Ipul menguasai tapal kuda. Daerah pertempuran sengit sesungguhnya ada di Arek dan Madura," tambahnya. 

Sekadar diketahui,  pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno diusung oleh PDIP,  PKB, PKS dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018. Pasangan itu akan berhadapan dengan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung Demokrat, Golkar, Nasdem,  Hanura,  PPP dan PAN. 

Penulis Budi Prasetiyo
Editor Sukma Alam

Tags:

Gus IpulKhofifahPilgub JatimEmil dardakPuti GunturPilkada serentak 2018