logo rilis
Memetik Pelajaran Hidup dari Bayangan
Kontributor
Ning Triasih
21 Maret 2018, 14:11 WIB
Memetik Pelajaran Hidup dari Bayangan
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Pernahkah Anda menonton video seorang anak kecil histeris ketakutan melihat bayangannya sendiri? Semoga Anda tak seperti anak dalam video tersebut.

Pasalnya, bayangan tak untuk ditakuti. Justru Anda harus berbahagia bisa melihat bayangan. Pasalnya, ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah bayangan.

Berikut rilis.id sajikan sejumlah pelajaran hidup dari sebuah bayangan diri:

Teman setia

Bayangan adalah satu-satunya yang tak akan pernah meninggalkan Anda sampai dipanggil Sang Kuasa. Bayangan selalu ada dan menemani setiap hal yang Anda lakukan. Anda berjalan dia jalan, Anda berlari dia mengikuti. Bahkan saat Anda terjatuh, dia pun akan ikut terjatuh. Meskipun diam tanpa kata, bayangan itu ada dan nyata, membuktikan bahwa Anda tidak sendiri. 

Hidup tak selamanya di atas

Jika Anda memperhatikan bayangan, ketika matahari mulai menyingsing di pagi hari, umumnya bayangan lebih panjang dari tubuh Anda. Lalu bandingkan saat siang hari, ketika matahari tepat berada di atas kepala, maka bayangan itu semakin memendek bahkan sejajar dengan posisi tubuh Anda. Kemudian pada sore hari, bayangan kembali memanjang seperti di pagi hari.

Ya, begitu pun dengan kehidupan. Ada kalanya berada di atas, namun suatu saat bisa saja di bawah. Anda hanya perlu ikhlas, bersabar dan menjalaninya. Itulah roda kehidupan.

Jangan dekati kegelapan (hal negatif)

Ya, bayangan akan hilang tanpa cahaya. Sebenarnya, ada hikmah yang bisa diambil. Dari sini, bayangan mengajarkan Anda untuk tidak mendekati kegelapan (hal-hal negatif) jika tak mau kehilangan orang-orang yang disayang.

Harus berani menghadapi masalah

Anggap bayangan sebagai sisi negatif atau masalah dalam hidup Anda. Untuk menghilangkan bayangan, artinya Anda harus berani menerjang kegelapan. Ya, masalah harus dihadapi, sesulit apa pun.


500
komentar (0)