logo rilis

Melongok Cihapit, Pasar 'Instagramable' di Bandung yang Baru Didatangi Sandiaga
Kontributor
Ning Triasih
17 Oktober 2018, 19:01 WIB
Melongok Cihapit, Pasar 'Instagramable' di Bandung yang Baru Didatangi Sandiaga
Sandiaga Uno berfoto di spot instagramable di Pasar Cihapit Bandung. FOTO: Instagram/@sandiuno

RILIS.ID, Jakarta— Calon wakil presiden Sandiaga Uno baru saja menyambangi Pasar Cihapit di Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/10/2018). Tak lupa, ia berpose di salah satu titik yang dianggap Instagramable.

Momen Sandiaga mengunjungi Pasar Cihapit dan berfoto di spot instagramable diunggah melalui akun Instagramnya, @sandiuno.

"Di belakang Pasar Cihapit saya menemukan tempat yang instagramable. Pelukisnya para pedagang pasar dan warga di sekitar sini. Ada yang pernah foto di tempat ini?" tulis Sandiaga memberi keterangan foto dirinya tengah berpose unik di salah satu spot belakang Pasar Cihapit.

Pantauan rilis.id melalui unggahan di Instagramnya, mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini juga menceritakan alasannya mengunjungi Pasar Cihampit.

Sandiaga menjelaskan, ia mengaku penasaran dengan pasar tersebut setelah banyak warganet mengunggah foto-foto menarik di Instagram. Selain itu, ia juga ingin melihat langsung contoh pasar tradisional yang ditata dan dirawat oleh gabungan berbagai pihak.

"Selain karena penasaran dengan Pasar Cihapit yang saya lihat banyak netizen cekrek-cekrek lalu upload di Instagram, saya juga ingin melihat contoh pasar tradisional yang merupakan bentuk partisipatif-kolaboratif yang melibatkan masyarakat, akademisi, pengusaha, pemerintah dan pedagang pasar," jelas Sandiaga.

Sandiaga kemudian lanjut menerangkan, di Pasar Cihapit, pedagang turut serta menyumbang saran, serta terlibat aktif dalam menata dan membentuk kembali pasar menjadi lebih baik dan nyaman.

"Pasar ini menjadi salah satu pasar terbaik di Kota Bandung. Menjadi harapan kita semua pasar tradisional Cihapit ini dapat dicontoh oleh pasar-pasar lainnya karena di pasar ini kenyamanan pembeli sangat diperhatikan. Kalau pembeli nyaman, penjualan pun akan terasa dampak positifnya," tandasnya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

Selain karena penasaran dengan Pasar Cihapit yang saya lihat banyak netizen cekrek-cekrek lalu upload di instagram, saya juga ingin melihat contoh pasar tradisional yang merupakan bentuk partisipatif-kolaboratif yang melibatkan masyarakat, akademisi, pengusaha, pemerintah dan pedagang pasar. Di sini pedagang ikut dalam menyumbang saran dan terlibat aktif dalam menata dan membentuk kembali pasar menjadi lebih baik dan nyaman. Pasar ini menjadi salah satu pasar terbaik di Kota Bandung. Menjadi harapan kita semua pasar tradisional Cihapit ini dapat dicontoh oleh pasar-pasar lainnya karena di pasar ini kenyamanan pembeli sangat diperhatikan. Kalau pembeli nyaman, penjualan pun akan terasa dampak positifnya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) pada

 

Pasar Cihapit Istimewa

Melansir dari berbagai sumber, Cihapit bukanlah pasar biasa. Pasar yang berdiri sejak tahun 50-an ini telah disulap jadi pasar modern. Tempatnya bersih, tampak nyaman dan humanis.

Tak hanya sebagai tempat jual beli bahan kebutuhan pangan, salah satu pasar tertua di Bandung ini juga unik dan menarik untuk dijadikan spot kuliner maupun sekadar berjalan-jalan.

Bagaimana tidak. Di dalam Pasar Cihapit, ada tempat ngopi santai dan asyik. Namanya Kopi Pasar Cihapit. Ada pula warung legendaris seperti Warung Nasi Bu Eha yang sudah melegenda sejak 1947, atau Mie Cihapit yang telah eksis sejak 1972.

Tak cukup sampai di situ. Pasar Cihapit juga menyuguhkan jajanan yang terbilang istimewa, yakni Kue Balok yang sempat naik daun. Selain itu, di dalam pasar juga sering diadakan agenda diskusi seperti screening film.

Bagaimana, Anda tertarik berkunjung?

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)