logo rilis

Mei Nanti, Indonesia Akan Kedatangan Kapal Selam Kedua
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
20 April 2018, 18:00 WIB
Mei Nanti, Indonesia Akan Kedatangan Kapal Selam Kedua
Ilustrasi prajurit TNI di atas kapal selam. FOTO: Republika.

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia akan segera menambah kekuatan wilayah lautnya dengan kedatangan kapal selam yang kedua. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi mengungkapkan, kapal selam kedua dari tiga yang dibuat oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) itu akan tiba pada Mei 2018 ini. 

"Akhir April dia (kapal selam) berangkat ke Indonesia. Mungkin akhir Mei sudah sampai ke Indonesia," ungkap Ade di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta, Jumat (20/4/2018). 

Ade mengatakan, peresmian kapal selam kedua itu nantinya akan dilakukan di Korea Selatan. Dirinya sendiri akan menghadiri peresmian itu bersama Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. 

"Akhir april ini Saya dengan Menhan nanti akan ke Korsel untuk meresmikan kapal selam kedua," katanya. 

Diketahui, satu dari tiga kapal selam yang dibuat DSME Korsel sudah tiba lebih dulu pada Agustus 2017 yang lalu. Kapal selam pertama yang dinamakan KRI Nagapasa-403 itu saat ini telah melengkapi kekuatan alutsista TNI AL. 

Pembangunan tiga kapal selam itu sendiri sudah dilaksanakan sejak Januari 2013. Hal itu berdasarkan kontrak pengadaan kapal selam yang dilaksanakan Kementerian Pertahanan RI dengan pihak DSME. 

Ketiga kapal selam itu masing-masing memiliki bobot 1.400 ton, panjang 61,3 meter dan lebar 7,6 meter dengan kecepatan 21 knot di bawah air. Adapun kapasitad itu adalah 40 personel, bisa berlayar lebih dari 50 hari dan dilengkapi dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI AL.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)