logo rilis
Megawati dan Cak Imin Jadi Jurkam Gus Ipul-Puti Guntur dalam Kampanye Terakhir
Kontributor
Budi Prasetyo
18 Juni 2018, 14:56 WIB
Megawati dan Cak Imin Jadi Jurkam Gus Ipul-Puti Guntur dalam Kampanye Terakhir
ILUSTRASI: Hafiz

RILIS.ID, Surabaya— Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menjadi juru kampanye bagi calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno, Kamis 21 Juni 2018.

Megawati akan menjadi jurkam bersama Ketua Umum DPP PKB dalam kampanye rapat umum di Lapangan Gulun, Kota Madiun, kawasan Mataraman. Kegiatan dimulai pukul 12.30 WIB. 

“Kampanye ini juga untuk halal bihalal Hari Raya Idulfitri bagi pendukung Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno bersama masyarakat umum. Sekalian, memperingati Juni Bulan Bung Karno,” kata Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP), di Kota Surabaya, Minggu (17/6/2018). 

Gus Ipul dan Puti Guntur akan hadir di kampanye akbar itu. “Ibu Megawati dan Cak Imin (panggilan akrab Muhaimin) akan memberikan pidato politik, yang menyemangati rakyat Jawa Timur. Rakyat diajak memilih pemimpin terbaik, H. Saifullah Yusuf dan Hj. Puti Guntur Soekarno, tanggal 27 Juni,” ujar Hasto.

Sejumlah kepala daerah dari PKB dan PDIP juga hadir di antaranya Bupati Madiun Muhtarrom, Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistiyo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wakil Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, dan sejumlah kepala daerah/wakil kepala daerah lainnya.

Ini kampanye akbar kedua, yang digelar Gus Ipul-Puti Guntur. Yang pertama, digelar 15 Maret lalu, di Jember, yang mencakup kawasan Tapal Kuda. 

“Dalam kampanye di Madiun, juga akan ditampilkan parade budaya, berisi kesenian-kesenian Jawa Timur. Parade budaya ini sekaligus memeriahkan Juni Bulan Bung Karno,” kata Hasto.

Parade budaya, kata dia, juga menjadi simbol sikap dan kepribadian Gus Ipul-Puti yang berkomitmen menjaga rakyat Jawa Timur seutuhnya. “Mengayomi semua kebudayaan yang hidup di masyarakat Jawa Timur,” kata Hasto.

Sehari sebelumnya, 20 Juni 2018 sore, Megawati berada di Kota Blitar untuk menghadiri Haul Bung Karno. “Salah satu dari 3 peristiwa Bulan Bung Karno adalah wafatnya Sang Proklamator, 21 Juni. Kami biasa memperingati sehari sebelumnya,” kata Hasto.

Pesan apa yang mau disampaikan dari peringatan Bulan Bung Karno dalam kampanye Pilkada Jawa Tiimur? Kata Hasto, Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno akan selalu menjaga dan membawa ajaran-ajaran pendahulunya. Terutama Bung Karno dan para ulama NU.

Gus Ipul adalah cicit KH Bisri Syansuri, salah satu pendiri NU, ulama ulung di zamannya, dan pernah menjabat Rais Aam PBNU. Sedang Puti adalah cucu Bung Karno, sekaligus penerus ajaran-ajarkan kakeknya.

“Inilah pasangan kompak, memiliki watak religius dan nasionalis. Keduanya selalu menjaga spirit Merah Putih, merawat kebangsaan di Jawa Timur,” kata Hasto.

Editor: Yayat R Cipasang


komentar (0)