logo rilis
Mau Urus KTP? Libur Lebaran Dinas Dukcapil Tetap Buka Kok
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
14 Juni 2018, 09:30 WIB
Mau Urus KTP? Libur Lebaran Dinas Dukcapil Tetap Buka Kok
Petugas Dukcapil melakukan perekaman warga di waktu libur lebaran. FOTO: Dok Setkab.

RILIS.ID, Jakarta— Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh, menyatakan bahwa hampir seluruh jajaran dinas kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) daerah akan tetap beraktifitas. Libur lebaran tak melulu membatalkan semangat mereka ini melayani publik.

Pegawai di jajaran pemda ini siap membantu masyarakat bila ingin mengurus KTP elektronik (e-KTP) dan dokumen kependudukan lainnya.

"Hampir semua buka, hanya jumlah hari saja berbeda-beda," kata Zudan dalam pesan singkat yang diterima rilisid belum lama ini.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar, menambahkan, sebenarnya mereka bisa saja libur. Karena, dalam aturan yang dikeluarkan Menpan-RB, mereka berhak memperoleh jatah libur.

Namun, apa yang dilakukan jajaran dinas dukcapil daerah ini merupakan inisiatif mereka. Jadi, meski libur lebaran, hampir semua kantor instansi tersebut membuka pelayanan untuk publik yang ingin urus e-KTP serta dokumen kependudukan lainnya.

"Dan, itu konkrit dilakukan secara serentak di sebagian besar daerah di Indonesia," tambah Bahtiar.

Menurut dia, ketika lebaran sekalipun, banyak orang yang butuh segera mengurus layanan kependudukan mereka. Hal ini awalnya dilakukan sejumlah daerah saja, namun Mendagri Tjahjo Kumolo meminta agar daerah lain bisa meniru apa yang dilakukan tersebut.


500
komentar (0)