logo rilis

Mau Debat, Khofifah Ziarah ke Makam Sunan Ampel 
Kontributor
Budi Prasetyo
10 April 2018, 16:03 WIB
Mau Debat, Khofifah Ziarah ke Makam Sunan Ampel 
Calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah di makam Sunan Ampel. FOTO: RILIS.ID/Budi Prasetiyo

RILIS.ID, Surabaya— Calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah di makam Sunan Ampel, di Jalan Pertukangan 1, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Hal itu dilakukan Khofifah menjelang debat publik yang akan berlangsung pada Selasa (10/4/2018) malam nanti. 

Dari pantauan rilis.id, Khofifah dan rombongan terlihat bersimpuh, di makam Sunan Ampel. Khofifah terlihat khusuk membaca wirid lantas menabur bunga di atas pusara. 

Khofifah mengatakan, ziarah kubur ini dilakukan sebagai salah satu bagian mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Menurut dia, ziarah ke Sunan Ampel itu merupakan kebutuhan spiritual untuk untuk bersambung dengan para Wali Songo. Salah satunya adalah Sunan Ampel.

"Saya rasa sebaiknya kita selalu mengeringkan ikhtiar kita dengan munajat kepada Allah supaya proses yang kita lakukan berseiringan dengan turunnya ridho dan barokah dari Allah," kata Khoffiah usai ziarah di kompleks Makam Sunan Ampel.

Ketua Umum Muslimat NU ini juga mengaku telah melakukan rutinitas ziarah kubur ke makam Wali Songo khususnya di Sunan Ampel sejak masih kelas dua SMP. 

"Saya dari SMP, kalau Kamis sore sepulang sekolah biasanya saya langsung ke Sunan Ampel, saya bermalam disini sampai besok subuhnya karena kan sekolah saya liburnya Jumat. Jadi sebetulnya saya ada tradisi ziarah ke Sunan Ampel," ungkapnya. 

Khofifah mengaku mendapat doa khusus kepada para Wali Songo dari Gus Dur. Selain doa tersebut rutin dibaca sebelum tidur, ijazah dari Gus Dur tersebut juga dibaca ketika melakukan ziarah kubur ke makam Wali Songo seperti yang dilakukan saat ini. 

"Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur antara lain ada wirid tertentu yang dibaca tawassul ke Sunan Ampel sebelum tidur kita baca Fatihah," pungkasnya.

Seperti diketahui, debat Pilgub Jatim diselenggarakan pada Selasa (10/4), selama 2 jam mulai pukul 19.30 hingga 21.30 WIB di salah satu stasiun televisi swasta. Debat tersebut diikuti dua pasangan, yakni Khofifiah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarnoputri.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)