logo rilis

Mata Panda Padahal Cukup Tidur, Ini Penyebabnya
Kontributor
Ning Triasih
15 Oktober 2018, 21:04 WIB
Mata Panda Padahal Cukup Tidur, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Memiliki mata segar dan bersinar tentu menjadi impian setiap orang. Tidur cukup dan tidak bergadang adalah salah satu mewujudkan impian tersebut.

Namun nyatanya, tidur cukup dan berkualitas saja tak menjamin Anda bisa terbebas masalah mata terasa lelah dan timbul lingkaran hitam atau mata panda. Ada faktor lain mata terasa lelah dan menghitam bahkan meski telah cukup tidur.

Berikut beberapa penyebab mata terasa lelah dan menghitam meski telah tidur cukup, melansir dari berbagai sumber:

Makanan asin

Anda pernah mengalami mata terasa lelah dan bengkak di pagi hari kemudian normal kembali keesokan harinya? Hal itu bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak menyantap makanan asin. Karena itu, cobalah kurangi asupan garam serta gunakan masker kopi pada mata untuk penyempitan pembuluh darah.

Faktor usia

Faktor usia juga menjadi penyebab mata terlihat lelah dan menghitam, bahkan meski Anda cukup tidur. Makin bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitas dan mengendur. Produksi lemak pada kulit pun menurun, sehingga membuat kulit jadi lebih tipis dan membentuk kantung mata.

Dehidrasi

Dehidrasi alias kurang minum tak hanya membuat kulit kering, tapi juga menyebabkan mata terasa capek. Hal itu lantaran dehidrasi mengganggu aliran darah dan menurunkan kinerja hati.

Alergi

Jika Anda mempunyai alergi, hal itu bisa jadi penyebab mata lelah meskipun cukup tidur. Alergi sendiri disebabkan oleh adanya pelepasan zat kimia seperti histamin, ini bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran dibawah mata juga ikut melebar, serta dapat membentuk lingkaran gelap di mata.

Otot mata tegang

Waktu Anda sehari-hari lebih banyak dihabiskan di depan komputer? Maka jangan heran jika mata sering lelah padahal tidur Anda cukup. Pasalnya, keseringan menatap layar komputer dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)