logo rilis
Masyarakat Harus Manfaatkan Teknologi Informasi dengan Baik
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
22 November 2020, 17:15 WIB
Masyarakat Harus Manfaatkan Teknologi Informasi dengan Baik
FOTO: Tangkapan layar zoom

RILIS.ID, Jakarta — Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi kebutuhan yang sangat penting di era digital ini. Untuk itu, semua pihak, terutama masyarakat harus bisa memanfaatkan dengan baik keberadaan TIK tersebut. 

Demikian benang merah dari Seminar Merajut Nusantara dengan tema "Pemanfaatan TIK Sebagai Media Edukasi dan Bisnis" yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan pembicara anggota Komisi I DPR RI R. Imron Amin secara daring, Minggu (22/11/2020). 

Selain Imron Amin, juga hadir Plt Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu dan Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Abdur Rozaki. 

Imron dalam kesempatan itu mengatakan, kemajuan teknologi dan informasi memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam hal pendidikan dan berniaga. Apalagi, menurut dia, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

"Ruang berniaga menjadi bermunculan di tengah kemajuan teknologi dan informasi. Ada Shopee dan lainnya. Dalam pendidikan juga banyak mahasiswa atau siswa yang sekolah melalui TIK di tengah pandemi ini," kata Imron. 

Teknologi informasi, menurut Imron, juga banyak membantu dalam memutus penyebaran Covid-19. Hal itu dengan banyaknya informas-informasi penting dari otoritas pemerintah, termasuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui pesan WhatsApp. 

Meski begitu, kata Imron, masyarakat harus bisamenyaring derasnya informasi karena kemajuan teknologi tersebut. Pasalnya, banyak juga beredar informasi palsu yang bisa menyesatkan. 

Dia berharap, kemajuan teknologi ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air. Termasuk di wilayah 3T.

"Kami berharap kita bisa saling membantu dan bekerja sama dengan pemerintah agar teman-teman kita yang berada di wilayah 3T tetap bisa menerima pelajaran di tengah pandemi ini," ujarnya. 

Plt Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam kesempatan itu menyampaikan berbagai upaya pemerintah agar akses internet bisa merata ke seluruh Indonesia. 

"73 persen masyarakat Indonesia sudah mengakses internet. Kemenkominfo bersama Bakti akan terus berjuang agar internet bisa dirasakan oleh semua wilayah di Indonesia," kata Ferdinandus. 

Ia juga mengaku bersyukur atas dukungan berbagai pihak, terutama DPR dalam mewujudkan keinginan Kominfo dalam hal akses internet. Hal itu terbukti dengan disetujuinya anggaran Kominfo sebesar Rp16,9 triliun agar akses internet bisa merata ke seluruh pelosok negeri. 

"DPR juga mendukung cita-cita Kominfo itu dengan menyetujui anggaran untuk Kominfo memperluas internet sebesar Rp16,9 triliun. Ini naik tiga kali lipat," ujar Ferdinandus. 

"Dengan anggaran itu, kami berencana akan fokus pada 4G. Kami berharap bisa 100 persen mencakup seluruh Tanah Air. Kita sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo terus menuju pemerintahan digital, masyarakat digital dan ekonomi digital. Tujuannya Indonesia menjadi bangsa digital," lanjutnya. 

Sementara itu, Abdur Rozaki memberikan apresiasi kepada Kominfo dan Komisi I DPR RI yang berupaya untuk terus mencerdaskan bangsa melalui internet.

"Apalagi di era pandemi ini, kata kunci dalam kesuksesan pembelajaran ini adalah ketika infrastruktur digital itu sudah menjangkau ke seluruh wilayah, terutama 3T," katanya. 

Dia mengatakan, era digital adalah era yang tidak bisa ditolak. Pasalnya, semua orang harus bisa beradaptasi jika tidak ingin terlindas oleh arus ini.

"Tahun 2019 saja ekonomi digital kita mencapai Rp40 miliar, diprediksi 2030 tembus Rp133 miliar. Nah ini benar-benar harus bisa dimanfaatkan," ucap dia. 

"Digital platform bisa mendorong kesejahteraan," tandasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID