Home » Peristiwa » Nasional

Masih Ada Korupsi di Daerah, Pimpinan DPR: KPK Harus Diperkuat

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Demokrat, Agus Hermanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menyayangkan kepala daerah yang masih melakukan tindak pidana korupsi.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi adanya operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK terhadap Wali Kota Batu, Jawa Timur,  Edy Rumpoko, pada Sabtu (16/9/2017).

"Ini tentunya merupakan pelajaran kita semuanya bahwa ternyata masih ada korupsi di daerah. Ini membuktikan masih banyak koruptor yang berkeliaran dimana-mana," ungkapnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Agus mengatakan, karena saat ini kasus OTT tersebut sudah memasuki wilayah hukum, untuk itu ia meminta semua masyarakat  memberi kepercayaan sepenuhnya kepada lembaga anti rasuah tersebut untuk memproses secara berkeadilan, transparan dan akuntabel.

"Kita harus lebih serius lagi untuk meningkatkan daripada kemampuan KPK. Untuk itu seperti yang saya sering katakan bahwa KPK perlu mendapatkan penguatan dan bukan pelemahan," jelasnya.

Politisi Demokrat itu mengajak semua pihak untuk mendukung kinerja lembaga anti rasuah tersebut dalam menuntaskan memberantas korupsi.

"Marilah kita semuanya mendukung KPK untuk melaksanakan tugasnya secara tuntas, sehingga negara Kita betul-betul terbebas dari korupsi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPK menangkap Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko karena diduga telah menerima suap proyek belanja modal dan mesin pengadaan meubelair di Pemkot Batu tahun 2017 dengan nilai proyek Rp 5,26 miliar.

Diduga Wali Kota Batu, meminta jatah sekitar 10 persen dari nilai proyek. Sehingga Edy menerima jatah Rp 500 juta. Kini, Edy ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Penulis Tio Pirnando
Editor Sukarjito

Tags:

ott Wali Kota BatuAgus HermantoDPR RI

loading...