logo rilis
Mardani Bagikan Buku Panduan #2019GantiPresiden, Begini Isinya
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
06 Mei 2018, 15:45 WIB
Mardani Bagikan Buku Panduan #2019GantiPresiden, Begini Isinya
FOTO: RILIS.ID/ Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Gerakan #2019GantiPresiden membagi-bagikan buku panduan kepada para relawan dalam acara deklarasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta. Menurut Inisiator gerakan #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera, buku itu menjadi sarana pendidikan dan menjabarkan sikap serta tugas relawan tersebut.

"Buku ini menjelaskan dua hal. Apa yang bisa dilakukan oleh relawan dan apa yang tidak boleh. (Diberikan) contoh yang tidak boleh memprovokasi, menyebarkan hoax, hate speech, itu tidak boleh," kata Mardani seperti dilansir detik.com, Minggu (6/5/2018).

Mardani menambahkan, buku itu juga memberikan contoh perbuatan apa saja yang boleh dilakukan relawan #2019GantiPresiden. Salah satunya, kata dia, memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Yang boleh pendidikan politik, diskusi politik, membahas kondisi aktual itu boleh, silaturahmi itu boleh," ujarnya.

Buku yang dibagi-bagikan dalam deklarasi akbar #2019GantiPresiden tersebut bertajuk 'Buku Manual Relawan #2019GantiPresiden'. Buku itu disusun oleh tim hukum dan advokasi Relawan RGP2019.

Dalam pengantar buku itu sendiri juga ada imbauan agar relawan #2019GantiPresiden tak perlu takut dengan gerakan yang diikutinya. Pasalnya, gerakan itu telah dijamin secara konstitusional.

"Buku panduan ini menjelaskan dan berupaya menjaga hak-hak konstitusional warga negara dalam menjalankan gerakan #2019GantiPresiden. Dengan buku panduan ini, maka insyaallah tidak ada keraguan atau rasa takut karena gerakan #2019GantiPresiden memiliki dasar hukum yang sah, legal, dan konstitusional," demikian penjelasan buku panduan tersebut.


500
komentar (0)