logo rilis
Marak Kecelakaan Konstruksi, PUPR Gelar Uji Sertifikasi Tenaga Kerja
Kontributor
Tio Pirnando
04 April 2018, 11:25 WIB
Marak Kecelakaan Konstruksi, PUPR Gelar Uji Sertifikasi Tenaga Kerja
Direktur Jenderal Bina Kontruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera II, Palembang, Rabu (4/4/2018). FOTO: Humas PUPR

RILIS.ID, Palembang— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kick off percepatan uji sertifikasi serentak wilayah Sumatera Selatan. Tenaga kerja yang ikut dalam sertifikasi ini sekitar 803 orang.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Bina Kontruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, tujuan kick off sertifikasi ini dalam rangka menindaklanjuti maraknya kasus kecelakaan kerja konstruksi.

"Kecelakaan kerja bukan harus diratapi, tapi kita harus maju terus. Dengan adanya pelatihan dan sertifikasi ini SDM konstruksi akan mendapatkan kompetensi, sehingga diharapkan tidak ada lagi kecelakaan kerja kedepannya," Syarif di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera II, Palembang, Rabu (4/4/2018).

Syarif menyebut, meski Palembang saat ini tengah giat membangun berbagai proyek infrastruktur untuk menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, tapi diharapkan keselamatan kerja terus diutamakan.

"Jadi kunci keberhasilan dan keselamatan proyek konstruksi terletak pada tenaga kerja konstruksinya," paparnya.

Menurut Syarif, bila tenaga kerja yang melaksanakan proyek konstruksi tertib menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta tertib melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP), bisa dipastikan pekerjaan aman dan berkualitas.

Saat ini, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2017 jumlah tenaga kerja sekitar 8,1 juta jiwa. Sebanyak 702 ribu diantaranya telah terverifikasi.

"Sedangkan, 409 ribunya merupakan tenaga kerja terampil yang belum memiliki sertifikat. Pemerintah akan terus mendorong agar mereka memiliki sertifikat tenaga kerja," tuntas dia.

Seperti diketahui, peserta Uji Sertifikasi tahap I ini diikuti oleh 803 orang tenaga kerja konstruksi yang bekerja pada proyek konstruksi di lingkungan unit organisasi Kementerian PUPR seperti Balai/Satker Ditjen Sumber Daya Air 280 orang, Balai/Satker Ditjen Bina Marga 250 orang, Ditjen Cipta Karya 103 orang, Satker Ditjen Penyediaan Perumahan sebanyak 30 Orang serta 30 orang. Serta 140 orang dari  Dinas PU  Provinsi dan Kota Palembang.

Editor: Elvi R


500
komentar (0)