logo rilis

Mantapkan Kinerja Penyuluh Demi Petani Maju dan Produksi Meningkat
Kontributor
Kurnia Syahdan
23 Juli 2018, 08:15 WIB
Mantapkan Kinerja Penyuluh Demi Petani Maju dan Produksi Meningkat
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— "Mantapkan kinerja penyuluh pertanian, maka kondisi petani akan maju dan produksi akan meningkat," kata Kepala Badan Litbang Pertanian, Andi Muhammad Syakir, ketika Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah dan Singkronisasi Hasil Penelitian dan Pengkajian dengan Programa Penyuluhan di Aula kantor BPTP Kalimantan Tengah di Palangka Raya, beberapa waktu yang lalu.

Andi Muhammad Syakir mengatakan, saat ini penyuluh pertanian dan petugas di lapangan adalah garda terdepan dalam mewujudkan peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani.

Melalui kegiatan penyuluhan, masyarakat tani dibekali dengan ilmu, pengetahuan, keterampilan, pengenalan paket teknologi baru, penanaman nilai-nilai agribisnis, mengkreasi sumber daya manusia melalui kelompoktani, serta yang terpenting adalah mengubah sikap dan perilaku mereka agar mau dan mampu menerapkan inovasi yang disampaikan oleh seorang penyuluh.

"Sehingga kegiatan Bimtek ini sangat penting bagi peningkatan kapasitas, kemampuan, untuk mengakses dan memanfaatkan sumber infomasi Balitbangtan," katanya..

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian-Bogor, Haris Syahbuddin, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan pentingnya sinergi antara penelitian dan penyuluhan serta peran penyuluh dalam penyebaran inovasi teknologi pertanian.

Menurutnya, ada keterkaitan yang kuat antara fungsi penelitian dan penyuluhan serta bila dianalogikan, maka peneliti tanpa penyuluh lumpuh dan sebaliknya penyuluh tanpa peneliti buta.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Muhazirin Akbar, menyatakan terdapat beberapa indikator suksesnya kinerja penyuluhan, di antaranya adalah tersusunnya programa penyuluhan yang berkualitas, terencana, sesuai dengan data dan potensi wilayah spesifik lokasi yang selaras dengan hasil litkaji dari Balitbangtan BPTP Kalteng.

Sementara itu, perwakilan penyuluh, Didin, berterima kasih atas terselenggaranya Bimtek bagi penyuluh daerah ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan, mempersatukan penyuluh-penyuluh di Kalteng bersinergi mendukung ketahanan pangan  dengan inovasi teknologi dan berharap agar kegiatan ini dapat ditingkatkan terus.

Sumber: Dedy Irwandi


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)