logo rilis
Mantapkan Asuransi Pertanian dengan SI MANTAP
Kontributor

18 April 2018, 07:20 WIB
Mantapkan Asuransi Pertanian  dengan SI MANTAP
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— SI MANTAP adalah Sistem Informasi Pemantauan Tanaman Pertanian.

Adapun pemantauan tanaman pertanian yang dilakukan yaitu padi, jagung, bawang merah, cabai dan tebu, menggunakan data satelit atau drone.

Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi mengatakan, pengembangan monitoring standing crop padi tersebut telah dikembangkan sejak tahun 1998 dan baru dimanfaatkan tahun 2014.

Ini merupakan hasil kerjasama dengan institusi baik nasional maupun internasional, seperti LAPAN, BPPT, IPB, JAXA-Jepang, CSA-Canada, IRRI-Phillipines dan NASA-USA. 

"Saat ini, Si MANTAP khusus untuk memonitor komoditas padi, jagung, tebu, dan kekeringan, dan ke depan untuk bawang merah, cabe merah, sawit dan lain-lain," kata Dedi.

Sementara menurut peneliti BBSDLP bidang Penginderaan Jauh, Dr Rizatus Shofiyati, SI MANTAP saat ini sedang dikembangkan aplikasi berbasis android, sehingga dapat diakses melalui smartphone.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. M. Syakir mengatakan, SI MANTAP sangat bermanfaat untuk bidang industri dan asuransi pertanian.

SI MANTAP dapat  menghitung berapa, kapan dan dimana faktor produksi (pupuk, pestisida, air dan alsin) dibutuhkan di suatu daerah.

"Apabila data iklim di-insert dalam SI MANTAP maka sistem ini dapat digunakan sebagai dasar penanganan dan antisipasi wilayah-wilayah yang terdampak kekeringan atau banjir," kata Syakir menambahkan.

Kepala Pusat Pemanfaatan Data Inderaja, LAPAN, Dr. M. Rokhis Komaruddin mengatakan SI MANTAP dapat memantau komoditas pertanian dan lahan terus menerus.

Monitoring lahan kekeringan atau kebanjiran sangat penting untuk perusahaan asuransi untuk meyakinkan klaim  asuransi.

Kemudian, Kepala Unit Usaha Pertanian dan Mikro-PT JASINDO, Ika Dwinita Sofa, melihat SI MANTAP sangat bermanfaat terutama saat survei klaim di lapangan.

SI MANTAP meningkatkan akurasi dan menghemat biaya dan tenaga, kata Ika menambahkan.

Hal ini diamini oleh Ujang, Ketua Kelompok tani Tricipta, Desa Mekarmani, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung menyatakan SI MANTAP benar-benar memantapkan pelaksanaan asuransi pertanian terutama untuk bawang merah yang tengah ditanam. 

"SI MANTAP merupakan aplikasi yang sangat bagus dan benar-benar tepat guna untuk memantau tanaman tebu," kata Direktur Utama PT PG Rajawali 1, Gede Meivera Utama.

Sistem ini dapat memberikan informasi kapan dan dimana tanaman tebu harus dipupuk, disiangi, disemprot dan lain-lain.

SI MANTAP memang mantap. 

Sumber: Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID