logo rilis
Manado Punya Lima Kampung Siaga Bencana
Kontributor
Elvi R
15 Mei 2018, 11:27 WIB
Manado Punya Lima Kampung Siaga Bencana
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Kota Manado, Sulawesi Utara, memiliki lima kampung siaga bencana (KSB) yang dibentuk oleh dinas sosial setempat dan provinsi.

"Lima KSB itu adalah Kelurahan Islam, Winangun, Paal Empat, Ketang Baru dan Maasing, yang berada di Kecamatan Tuminting, Singkil, Malalayang, dan Tikala," kata Kepala Dinas Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Manado, Johny Lubis, di Manado, Selasa (15/5/2018).

Lubis mengatakan, KSB terakhir yang dibentuk adalah di Kelurahan Islam, Tuminting, yang ditandai dengan pelaksanaan pelatihan selama tiga hari bekerjasama dengan badan penanggulangan bencana daerah, PMI serta pemerintah setempat.

Menurut Lubis dalam tiga hari pelaksanaan, 60 orang personel KSB itu mendapatkan penyuluhan mengenai tugas yang harus dilaksanakan, kemudian yang kedua adalah praktek ketiga adalah pengukuhan.

"Dengan adanya KSB, maka nantinya masyarakat di wilayah tersebut akan mengerti dan memahami tugas yang harus dilaksanakan oleh masing-masing orang di kelompok tersebut," katanya.

Menurut Lubis dalam pelaksanaan pembentukan KSB dilakukan bersama dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) PMI serta taruna siaga bencana yang mengajarkan kepada para personel mengenai apa yang harus dilakukan.

Tujuannya kata Lubis, ketika ada bencana yang terjadi baik sosial maupun alam, maka orang-orang yang sudah terlatih akan langsung bergerak melakukan tugasnya.

"Supaya sampai datang tim dari pemerintah mulai dari dinas sosial, BPBD, PMI dan tagana, kondisi bisa dihadapi lebih dulu oleh orang-orang yang sudah terlatih tersebut," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)