logo rilis

Malang akan Punya Little Mekah dan Madinah
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Juni 2018, 14:31 WIB
Malang akan Punya Little Mekah dan Madinah
Foto Ka'bah di Mekah. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Malang— Indonesia nantinya akan memiliki little Mekah dan Masjid Nabawi seperti di Madinah. Bangunan itu direncanakan akan dibangun di Malang, Jawa Timur. Sedianya hal tersebut direncanakan oleh seorang pengusaha Kota Malang Iwan Kurniawan.

"Little Mekkah dan Madinah ini nantinya menjadi satu kesatuan dengan pembangunan pondok pesantren modern dan replika masjid-masjid Wali Songo yang menjadi kekhasan wisata religi yang kami bangun nanti," kata Iwan Kurniawan yang juga Komisaris Utama PT Anugerah Citra Abadi (ACA) itu usai penutupan Pekan Islami ke-12 yang diselenggarakan perusahaan tersebut, Rabu (13/6/2018) malam.

Iwan mengaku ingin membangun pondok pesantren dengan terintegrasi wisata religi. Pondok itu nantinya akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektare tersebut.

"Sebenarnya lahan untuk pembangunan ponpes dan kawasan wisata religi itu sudah ada di kawasan Banjararum, Singosari, Kabupaten Malang, namun karena tergusur proyek jalan tol Malang-Pandaan, saya harus segera mencari lahan alternatif," ujarnya.

Ia mengatakan, rencananya pembangunan akan dimulai pada tahun ini dan ditargetkan selesai dalam waktu tiga tahun ke depan. Sehingga paling tidak, lanjutnya, pada 2021 sudah beroperasi.

"Santri dan santriwati yang kami inginkan adalah anak-anak usia dini hingga 12 tahun, bahkan orang tua santri nantinya juga boleh tinggal (menginap) di pondok. Untuk gurunya sudah kami siapkan, kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk ponpes yang ada di Malang raya dan lainnya," katanya.

 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)