logo rilis

Maksimalkan Penerimaan Negara di 2018, Ini Langkah 2018
Kontributor

08 Januari 2018, 23:25 WIB
Maksimalkan Penerimaan Negara di 2018, Ini Langkah 2018
ILUSTRASI: RILIS.ID/ Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah akan memaksimalkan penerimaan negara 2018, dengan mendorong kinerja sektor perpajakan. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan meninjau kembali ketentuan tunjangan dan regulasi.

"Kalau hal ini memang perlu, untuk dilihat lagi dari sisi allowance atau tunjangan yang bisa diberikan. Jadi contohnya, di Amerika Serikat (AS) diberikan berbagai macam loopholes (celah) gitu ya, yang diciptakan memang untuk memberikan ruang bernafas," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu Jakarta, Senin (8/1/2018). 

Pihaknya juga akan melihat, bagaimana struktur produksi penerimaan pajak dari sektor-sektor ekonomi. Kemenkeu, juga akan merinci tantangan seperti apa saja yang mungkin muncul di sektor tersebut. 

"Karena sesudah kita lihat track record-nya (sektor-sektor ekonomi yang akan dikenakan pajak) kan memang tidak semuanya berhubungan dengan keuangan. Seperti UMKM, disitu ada masalah yang sifatnya perizinan. Kita akan lakukan ini, dalam rangka bisa koordinasi dengan kementrian lain," jelas Sri. 

Saat dikonfirmasi soal peningkatan sisi fiskal dari perpajakan dalam UU APBN, Sri menyebutkan sudah ada beberapa kebijakan seperti tax holiday dan tax allowance. Ke depannya, pihaknya akan melihat faktor yang menyebabkan sepi peminat di tahun lalu.

"Dan apakah bentuk allowance-nya itu bisa diubah sehingga bisa menarik. Kan itu masih bisa (kita atur) di dalam, tanpa perubahan undang-undang, ya bisa dilakukan dengan peraturan pemerintah bahkan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)," tandasnya. 


#Menteri Keuangan
#Sri Mulyani Indrawati
#Target Penerimaan Pajak 2018
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)