logo rilis
MAKI Curiga Matinya Satelit Telkom Akibat Kecerobohan
Kontributor
Sukardjito
13 April 2018, 18:59 WIB
MAKI Curiga Matinya Satelit Telkom Akibat Kecerobohan
Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menilai, aksi heroik penanganan satelit telkom 1 yang sempat mati pada 2017, hanya untuk menutupi kecerobohan serius manajemen di tubuh perusahaan berplat merah ini.

"Aksi heroik penanganan matinya Telkom 1 kemarin itu hanya kemasan saja. Kita paham itu untuk menutupi kebobrokan yang sesungguhnya,” ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman kepada wartawan, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Menurut dia, terdapat dua hal yang mengakibatkan matinya satelit telkom 1 tersebut. Yakni, dugaan pelanggaran aturan dan kecerobohan manajemen Telkom dalam menentukan skala prioritas.

"Satelit Telkom 1 itu sesuai kontraknya dirancang untuk masa orbit 15 tahun. Jika diluncurkan tahun 1999, maka 2014 sudah habis masanya. Pak Menkominfo Rudiantara juga bilang seperti itu. Tapi karena manajemen yang ceroboh, satelit tetap digunakan hingga 2019 tanpa backup jika ada kegagalan. Ketika 2017 Telkom 1 rusak, Manajemen Telkom kalangan kabut dan tak siap" papar dia.

Oleh karena itu, ia mendesak DPR untuk memanggil Menteri Kominfo dan Dirut PT Telkom untuk menjelaskan dibalik kerusakan satelit Telkom 1. 

"Untuk itu kami mendesak agar DPR RI Komisi I untuk segera panggil Dirut PT Telkom dan Menteri Kominfo. Kami menyelidiki ada pelanggaran aturan dan manejemen yang bobrok dibalik matinya satelit Telkom 1,” kata dia.

selain itu, Boyamin mengaku pihaknya saat ini tengah menginvestigasi sejumlah pelanggaran yang dilakukan manajemen Telkom tersebut. Ia berjanji, segera setelah rampung akan melaporkan hal tersebut ke penegak hukum.

“MAKI akan melakukan investigasi terhadap permasalahan satelit itu dan jika ditemukan dugaan penyimpangan maka akan dilaporkan kepada KPK dan Kepolisian,” kata dia.

Seperti kita ketahui, Satelit Telkom 1 diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 1999 untuk menempati slot orbit 108. Satelit diproduksi oleh Lockhead Martin perusahaan asal Amerika. Diluncurkan oleh perusahaan asal Eropa bernama Arianespace dari Kourou, Guyana Perancis.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari pihak Telkom terkait isu tersebut.

Editor: Taufiqurrohman


500
komentar (0)