logo rilis
Makanan Vegetarian Ini Kaya Zat Besi Melebihi Daging
Kontributor
Ning Triasih
30 Mei 2018, 13:43 WIB
Makanan Vegetarian Ini Kaya Zat Besi Melebihi Daging
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Sama seperti nutrisi penting lainnya, zat besi juga dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi tubuh. Saking pentingnya zat besi, para ahli mengatakan, kekurangan komponen satu ini, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sesak napas, kekurangan energi, anemia dan pusing.

umumnya, zat besi banyak ditemukan pada daging. Namun, bagaimana memenuhi asupan zat besi bagi vegetarian? Tenang. Seperti dikutip dari laman The Times of India, berikut beberapa makanan yang kaya zat besi melebihi daging:

1. Bayam

Bayam dipenuhi dengan zat besi. Dalam 100 gram bayam, terdapat 2,7 miligram zat besi. Jangan lupa masukkan sayuran hijau ke dalam daftar menu Anda. Anda bisa menyantapnya dalam bentuk salad atau diolah dengan menjadi sayur bening maupun ditumis.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tak hanya mengandung protein, tapi juga diperkaya dengan zat besi. Secangkir kacang-kacangan yang dimasak menyajikan 6,6 miligram zat besi. Selain itu, makanan yang satu ini juga memiliki 50 persen asupan serat yang direkomendasikan setiap hari.

3. Jamur

Beberapa jenis jamur juga mengandung banyak zat besi. Jamur tiram misalnya. Jamur ini memiliki hingga dua kali lebih banyak zat besi, begitu pun jamur kancing.

4. Kacang Merah

Kacang merah tak hanya bernutrisi, tapi juga mengandung zat besi. Secangkir kacang merah mengandung 4 miligram zat besi dan protein.

5. Gandum

Gandum juga patut menjadi menu sarapan terbaik Anda. Pasalnya gandung mengandung zat besi dan nutrisi penting lainnya. Menyantap gandum untuk sarapan akan membuat Anda kenyang dan berenergi dalam durasi yang lebih lama, serta bermanfaat jika Anda sedang dalam proses diet.

6. Coklat Hitam

Siapa yang tak suka coklat. Makanan manis yang satu ini digemari hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Khususnya coklat hitam. Selain lezat, 28 gram coklat hitam dengan kandungan coklat tinggi mengandung 2-3 miligram zat besi.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)