logo rilis

Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Maag saat Berpuasa
Kontributor
Ning Triasih
19 Mei 2018, 17:30 WIB
Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Maag saat Berpuasa
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Menderita maag tentu sangat tidak mengenakkan, trelebih di bulan Ramadan. Pasalnya, telat makan dan perut kosong adalah pantangan terbesar bagi penderita asam lambung.

Namun, puasa bagi penderita maag sebenarnya baik dan itu sah-sah saja asalkan dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal. Salah satunya faktor makanan.

Rachmanida Nuzrina, Ahli Gizi sekaligus Dosen Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta mengatakan kepada rilis.id, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita maag, terlebih saat berpuasa. Apa saja?

Sayuran tinggi serat

Hindari menyantap sayuran tinggi serat seperti kol, nangka serta minuman bersoda. Pasalnya, makanan jenis ini dapat memicu timbulnya gas pencernaan.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan serta makanan bersantan juga sebaiknya dihindari penderita maag saat berpuasa. Makanan tinggi lemak dan bersantan bisa memperlambat pengosongan lambung. Makanan seperti ini akan merangsang otot pencernaan bekerja lebih cepat, membuat asam lambung naik ke tenggorokan, sehingga menimbulkan rasa tidak enak di perut

Susu full cream dan kopi

Susu full cream dan kopi merupakan jenis makanan yang dapat memicu produksi asam lambung.

Makanan Pedas

Makan pesas boleh-oleh saja, tapi ini akan berbahaya untu penderita maag. Pasalnya, makanan pedas bisa menyebabkan iritasi saluran pencernaan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)