logo rilis
Makan Korban, PKS Sarankan Pemilu Selanjutnya Gunakan E-voting
Kontributor
Nailin In Saroh
24 April 2019, 16:00 WIB
Makan Korban, PKS Sarankan Pemilu Selanjutnya Gunakan E-voting
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Presiden PKS Sohibul Iman, mengusulkan opsi penggunaan penyelenggaran pemilu dengan cara E-voting atau menggunakan tekhnologi informasi pada gelaran pesta demokrasi selanjutnya. Lantaran, banyaknya petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu Serentak 2019 akibat kelelahan.

"E-voting seperti yang sudah berjalan di India bisa jadi opsi yang bisa kita kaji bersama," ujar Sohibul di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Karenanya, semua aspek yang dimulai dari SDM dan infrastuktur harus dipersiapkan oleh penyelenggara pemilu.

"Tentunya kebijakan ini butuh investasi besar baik dari sisi infrastruktur maupun SDM-nya," jelasnya.

Diketahui, proses voting secara elektronik sendiri bukanlah sesuatu yang asing. Lembaga Internasional Pemilu dan Demokrasi (IDEA), yang berkantor pusat di Stockholm, Swedia, menyebut sudah ada sekitar 32 negara yang menerapkan electronic voting dalam kegiatan pemilunya.

Negara-negara tersebut antara lain Swiss, Kanada, Australia, AS (hanya di beberapa negara bagian), Jepang, Korea Selatan, hingga India.

India merupakan contoh yang tepat bila berbicara tentang electronic voting. Sistem coblosan secara elektronik ini sudah diterapkan sejak beberapa dekade silam, tepatnya saat pemilihan Majelis Konstituante di Kerala pada 1982.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID