logo rilis
Mahfud MD: Pilkada seperti Peternakan Koruptor
Kontributor
Fatah H Sidik
19 April 2018, 21:22 WIB
Mahfud MD: Pilkada seperti Peternakan Koruptor
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, menilai, pemilihan kepala daerah (pilkada) seperti peternakan koruptor. Soalnya, banyak yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pilkada seperti peternakan koruptor. Kira-kira koruptor baru mau lahir, seperti dibudidayakan," ujar dia dalam kuliah umum di Jakarta, Kamis (18/4/2018).

Berdasarkan catatan KPK, sedikitnya 18 gubernur dan 75 bupati/wali kota telah ditangkap komisi antirasuah. Beberapa di antaranya, maju pada Pilkada 2018.

Menurutnya, tak sedikit orang menghindar dituduh korupsi dan menjadikan hukum sebagai alat mengelak, meski publik jelas melihatnya. Hukum, tambah dia, sudah lepas dari tujuannya, lantaran bisa dibeli di mana-mana.

Mahfud MD menambahkan, budaya adiluhung pun mulai hilang dan menjadi masalah. Soalnya, orang Indonesia mulai tak takut sanksi moral. Yang ditakuti cuma sanksi hukum.

Karenanya, menurut mantan Menteri Hukum dan Perundang-Undangan ini, Indonesia belum mampu melahirkan pemimpin tegas dalam menegakkan keadilan.

"Kalau kita mau menjaga negara berbasis nasionalisme, pertama, tegakkan keadilan tanpa pandang bulu," tutupnya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)