logo rilis
Mahasiswa Unpak: BB Biogen 'Amazing'!
Kontributor
Fatah H Sidik
14 Mei 2018, 13:40 WIB
Mahasiswa Unpak: BB Biogen 'Amazing'!
Mahasiswa Universitas Pakuan mendengarkan pemaparan seorang peneliti saat berkunjung ke BB Biogen, Bogor, Jawa Barat, Senin (14/5/2018). FOTO: Balitbangtan Kementan

RILIS.ID, Bogor— Mahasiswa dan dosen Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pakuan (Unpak) mengunjungi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Bogor, Jawa Barat, Senin (14/5/2018). Mereka berkesempatan melihat sejumlah fasilitas yang ada.

Pemaparan Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Dr. Sustiprijatno, S.Si., M.Sc, mengenai sumber daya genetik, bank gen, dan video hasil penelitian BB Biogen saat sambutan, mengantarkan mahasiswa mengenal lebih dalam tentang bioteknologi pertanian. 

Sementara Dr. Dodin Kuswanuddin, mengajak rombongan melihat langsung Bank Gen Balitbangtan, fasilitas teknologi pertanian dengan tujuan menyelamatkan dan melestarikan sumber daya genetik di Indonesia. Mahasiswa pun antusias saat menyimak pemaparan Andari Risliawati, SP.

"Berkunjung ke BB Biogen merupakan pengalaman yang luar biasa, apalagi bisa melihat langsung Bank Gen Nasional," ujar Manis, salah satu mahasiswa yang hadir. "Satu kata untuk BB Biogen, amazing!" imbuhnya takjub.

Selain Bank Gen Balitbangtan, rombongan dari Unpak diajak melihat Laboratorium Mikrobiologi serta Laboratorium Biologi Sel dan Jaringan. 

Kata Dr. Dwi Ningsih Susilowati, S.TP., M.Si, ada beberapa hal yang dikerjakan di Labotarium Mikrobiologi. Di antaranya, melakukan analisis mikrobiologis produk pertanian, pengembangan metode analisis bidang mikrobiologi serta kajian metabolisme mikroba pertanian.

"Dan memberikan pelatihan, pelayanan, dan konsultasi tentang mikrobiologi pertanian," tambahnya. Kemudian, peserta dijelaskan tentang Laboratorium Biologi Sel dan Jaringan oleh seorang penelitinya, Suci Rahayu, S.Si., MS.

"Saya merasa berkunjung ke BB Biogen merupakan pilihan yang tepat untuk menambah wawasan mahasiswa-mahasiswi terhadap bioteknologi pertanian. Apalagi, hal ini juga didukung dengan fasilitas teknologi pertanian yang canggih dan modern serta sumber daya manusia yang terampil," ungkap dosen pendamping, Dini Dyah Saputri, M.Si.

Selain membangkitkan semangat generasi muda, mahasiswa diharapkan juga peduli pertanian di Indonesia melalui kunjungan tersebut. Tak hanya melahirkan sarjana pertanian yang handal dan terampil, tapi juga menghasilkan produk pertanian bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat.

Sumber: Nurul Ulfah/Mastur/Balitbangtan Kementan


500
komentar (0)