logo rilis
Mahasiswa Pakuan Dalami Ilmu Bioteknologi di BB Biogen
Kontributor
Elvi R
16 Mei 2019, 16:47 WIB
Mahasiswa Pakuan Dalami Ilmu Bioteknologi di BB Biogen
Mahasiswa Pakuan Dalami Ilmu Bioteknologi di BB Biogen. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Bogor— Sebanyak 51 mahasiswa program studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan mengunjungi Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor, Kamis (16/5/2019). Kunjungan ini merupakan salah satu upaya pihak universitas untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman mahasiswanya dibidang bioteknologi.

Menurut salah satu dosen pembimbing, Dr Surti Kurniasih, para siswanya merupakan calon guru yang nantinya akan berhadapan langsung dengan para siswa. Untuk itu, mengetahui bioteknologi secara mendalam merupakan tuntutan bagi para mahasiswanya.

“Ilmu pengetahuan khususnya bioteknologi terus berkembang, jangan sampai siswa yang diajarkan nanti lebih tau daripada gurunya,” ujar Surti saat memberi sambutan.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa berdiskusi dengan peneliti di empat kelompok peneliti (kelti) yang ada di BB Biogen, yakni kelti biologi sel dan jaringan (BSJ), kelti biokimia, kelti biologi molekuler, dan kelti pengelola sumber daya genetik pertanian.

Salah satu masiswa, Syifa mengaku puas usai mengikuti diskusi di kelti BSJ. Menurutnya banyak pengetahuan baru yang ia peroleh setelah mendapat kesempatan tersebut.

“Kami jadi lebih tahu ternyata kultur jaringan bukan sekadar untuk perbanyakan, tapi bisa juga untuk perbaikan tanaman. Tadi juga dipelajari teknik kultur jaringan yang nanti bias jadi bekal kalau jadi guru,” ujar mahasiswa semester enam tersebut.

Hal senada disampaikan Resmilia. Menurutnya teori-teori yang dipelajari di kampus dengan sangat mudah didapat di BB Biogen secara praktis. “Di kampus kita sudah pelajari tentang media kultur jaringan, tapi di sini kita bisa lihat gimana cara membuat medianya, terus alat-alatnya, tekniknya juga, kita bisa belajar lebih dalam lagi,” unkapnya.

Diakhir pernyataannya, kedua mahasiswa tersebut berharap mendapat kesempatan lagi untuk berkunjung dan berdiskusi dengan peneliti-peneliti lain yang ada di BB Biogen.

Sumber: Andika Bakti/Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID