logo rilis

Mahasiswa Baru Jadi 'Sasaran Empuk' Kelompok Radikal
Kontributor

07 Juni 2018, 11:20 WIB
Mahasiswa Baru Jadi 'Sasaran Empuk' Kelompok Radikal
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dandi

RILIS.ID, Malang— Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto, menilai, mahasiswa baru menjadi "sasaran empuk" bagi kelompok radikalisme. Mahasiswa dari luar daerah, menjadi sasaran utamanya.

"Salah satu tahap untuk merekrut menjadi kelompok radikal, itu pada awal tahun akademik. Mereka menyasar mahasiswa baru," ujarnya dalam diskusi kelompok terarah di Malang, Jawa Timur, Rabu (6/6/2018) malam.

Selain radikalisme, menurut Wasto, narkoba juga masih menjadi musuh utama generasi muda. "Karena itu, mahasiswa baru harus bisa memilih kelompok atau rekan yang 'lurus'. Sebab, akan berdampak pada kita sendiri," jelasnya.

Untuk mengantisipasi menyebarnya paham menyimpang, kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengadakan diskusi kelompok terarah bertema "Strategi Menangkal Penyebaran Radikalisme di Lingkungan Kampus" tersebut. Kegiatan diikuti mahasiswa serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopida) Malang.

Melalui diskusi tersebut, mahasiswa diberikan arahan yang benar, agar tak terjerumus kelompok radikal. Sementara pihak kampus, menggandeng intelijen, melibatkan RT/RW, pendampingan dosen di tiap unit kegiatan mahasiswa (UKM), serta pembentukan karakter melalui kurikulum.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)