logo rilis
Madiun, Kota Wisata dengan Suguhan Air Terjun Memesona
Kontributor
Ning Triasih
15 Juli 2018, 11:32 WIB
Madiun, Kota Wisata dengan Suguhan Air Terjun Memesona
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Air terjun memang menjadi kawasan wisata alam yang selalu menarik untuk dikunjungi. Di Kota Madiun misalnya, Anda akan menemukan sejumlah destinasi air terjun yang bisa dijadikan sebagai referensi tujuan wisata. 

Pesona kawasan air terjun dari empat tempat wisata di Madiun berikut akan membuat Anda rehat sejenak dari segala rutinitas yang menimbulkan penat.

1. Air Terjun Kucur

Karena lokasinya berada di kaki Gunung Wilis, Air Terjun Kucur akan memanjakan Anda dengan suasana asri nan teduh khas daerah pegunungan. Ada empat tingkatan air terjun yang bisa Anda jelajahi di kawasan ini. Tingkatan tertinggi memiliki ketinggian yang mencapai 15 meter, sedangkan tingkatan-tingkatan lainnya hanya berkisar antara 2-3 meter.

Keindahan alam tidak hanya bisa Anda dapatkan di lokasi air terjun, tetapi juga di jalur perjalanan menuju kawasan wisata tersebut. Sejauh 6-8 kilometer, Anda akan menyusuri hamparan persawahan dan bukit-bukit yang memanjakan mata.

2. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru yang dikenal pula dengan sebutan Air Terjun Slampir terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Madiun. Meski berjarak beberapa puluh kilometer dari pusat kota, air terjun ini tetap menarik untuk dikunjungi karena kesegaran mata airnya yang berpadu dengan keindahan lanskap alam pegunungan dan perkebunan kopi.

Dengan ketinggian mencapai 15-30 meter, Air Terjun Seweru menawarkan sensasi kesegaran yang sayang untuk dilewatkan. Selain berenang atau bermain air di sungai aliran air terjun, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan rindang dan bebatuan besar yang berada di kawasan wisata ini.

3. Air Terjun Krecekan Denu

Berada di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Air Terjun Krecekan Denu terletak tak jauh dari Wana Wisata Grape. Kawasan ini hanya memiliki satu situs air terjun yang mengalir dari tebing berketinggian 20 meter.

Air yang jernih dan tidak terlalu deras dengan nuansa hijau dedaunan di sekitarnya membuat kawasan wisata ini cocok dipilih sebagai tempat untuk menenangkan diri dari kesibukan dan keramaian kota. Lokasinya sendiri berada sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Madiun dan dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor.

4. Air Terjun Banyulawe

Air terjun lain yang tak kalah memesona adalah Banyulawe. Berada di Dusun Gligi, Kecamatan Kare, air terjun ini merupakan yang tertinggi di Madiun dengan ketinggian mencapai 40 meter. Aliran airnya pun terbilang cukup deras sehingga diperlukan kehati-hatian ekstra saat Anda ingin menjelajahi kawasan air terjun tersebut.

Karena dikelilingi oleh hutan belantara, Anda akan merasakan sensasi sunyi dan damai saat mengunjungi Air Terjun Banyulawe. Namun, untuk dapat menikmati keindahan alam yang disajikan, Anda harus menyusuri lintasan yang terbilang menantang dengan jalur-jalur ekstrem yang bisa menjadi sangat licin saat musim penghujan.

Setelah puas menjelajahi alam serta menikmati kesegaran air terjun yang berlokasi di Kota Madiun dan sekitarnya, saatnya Anda mengistirahatkan diri di kamar hotel yang nyaman. Akomodasi berfasilitas lengkap namun tetap menawarkan harga terjangkau tentu menjadi pilihan utama. Untuk mencari hotel murah di Madiun, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Airy, jaringan hotel bujet terlengkap yang lokasinya tersebar di berbagai kota besar Tanah Air.

FOTO: Dok Airy Rooms

Kamar tidur bersih berpendingin ruangan menjadi salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan. Selain itu, hotel bujet ini juga menyediakan kamar mandi dengan shower air hangat dan toiletries yang lengkap. Jaringan WiFi gratis pun bisa langsung Anda gunakan. Setelah memesan kamar hotel di lokasi yang diinginkan, proses pembayaran dapat dilakukan melalui transfer atau kartu kredit. Kemudahan yang ditawarkan akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)