logo rilis
Made Oka Menampik, Begini Balasan Setya Novanto
Kontributor
Fatah H Sidik
26 Maret 2018, 23:15 WIB
Made Oka Menampik, Begini Balasan Setya Novanto
Terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto, irit bicara saat dikonfirmasi soal bantahan Made Oka Masagung, jika duit e-KTP mengalir ke Puan Maharani dan Pramono Anung. Katanya, lebih baik meminta keterangan ke terdakwa e-KTP lainnya, Andi Agustinus.

"Tanya Andi itu," ucapnya singkat usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (26/3/2018).

Jawaban diplomatis juga diutarakan kuasa hukum Setya, Firman Wijaya. Katanya, lebih baik menunggu perkembangan persidangan, mengingat keterangan awal berasal dari kliennya.

"Ya, kita serahkanlah. Kita tunggu saja apa proses pemeriksaan di pengadilan. Itu, kan, keterangan Pak Novanto," ujarnya di Gedung KPK.

Alasannya, pencarian kebenaran material tak selesai hanya dengan kasus Setya. "Masih mungkin, kan, ada kasus Pak Irvanto dan sebagainya. Saya kira, ini masih panjang," katanya.

Di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (22/3), Setya menyatakan, ada duit e-KTP mengalir untuk Puan dan Pramono. Masing-masing menerima US$500 ribu.

Baca: Made Oka Bantah Pernyataan Novanto soal Puan-Pramono Anung

Sehari berselang, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menampik tudingan Setya. Baginya, pernyataan bekas Ketua DPR RI itu tak berdasar.

Bahkan, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku, siap dikonfrontir dengan Setya untuk membuktikannya. "Saya siap dikonfrontir," tegasnya di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Jumat (23/3). 

Baca: Dituding Terlibat Kasus E-KTP, Ini Jawaban Puan

Bantahan juga disampaikan Made Oka melalui kuasa hukumnya, Bambang Hartono. "Pernyataan Setnov di muka pengadilan, minggu yang lalu, itu tidak benar dan itu juga sudah dibantah oleh yang bersangkutan," terangnya di Gedung KPK, Jakarta, beberapa saat lalu.

Made, terang Bambang, tak pernah mendatangi rumah Setya untuk menyampaikan, Puan dan Pramono "kecipratan" duit e-KTP. "Bulan Oktober 2012, tidak pernah ke rumah Pak Novanto," tandasnya. Katanya, Made bakal dikonfrontir dengan Setya.

Baca: Made Oka-Setya Novanto Akan Segera Dikonfrontir

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)