logo rilis
Mabes Polri Imbau Masyarakat Tak Sebarkan Berita dan Video Hoaks
Kontributor
Yayat R Cipasang
14 Mei 2018, 13:46 WIB
Mabes Polri Imbau Masyarakat Tak Sebarkan Berita dan Video Hoaks
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan berita atao video yang tidak jelas sumbernya. Pernyataan Setyo ini terkait beredarnya video dan informasi hoaks lewat media sosial.

"Tolong kepada masyarakat untuk tidak men-sharing atau mem-posting gambar, berita atau video yang berakibat yang tidak kita inginkan," kata Setyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/5/2018).

"Video atau foto yang memperlihatkan kesadisan mohon segera dihapus," tambahnya.

Setyo mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjadikan terorisme sebagai musuh bersama. "Kita bersama-sama berani melawan terorisme," ujarnya.

Bila mendapat informasi atau materi lainnya, kata Setyo, masyarakat diminta untuk segera mengklarifikasinya. Bisa lewat Mabes Polri atau kepolisian di daerah masing-masing.

"Sebenarnya gampang untuk mengecek berita atau informasi itu hoaks atau bukan. Cek saja di media arus utama apakah berita seperti itu tayang atau tidak. Kalau tidak ada di berita mainstream berarti itu hoaks," ujarnya.

Terkait status Siaga 1, menurut Setyo hanya berlaku untuk internal Polri. Menurutnya Polri meningkatkan intensitas dan kekuatan pengamanan secara internal dan eksternal.

"Siaga satu untuk Polri untuk meeningkatkan pengamanan internal dan ekternal. Untuk masyarakat silakan beraktivitas seperti biasa. Kami yang akan menjaga masyarakat," kata Setyo.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)