logo rilis
MA Tolak Kasasi KPU Makassar
Kontributor
Tari Oktaviani
23 April 2018, 15:10 WIB
MA Tolak Kasasi KPU Makassar
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar atas putusan PTUN Makassar terkait pembatalan pencalonan Wali Kota Makassar Danny Pomanto-Indira. Hal itu pun dibenarkan oleh Juru Bicara MA, Suhadi.

"Iya betul (sudah ditolak). Pembacaannya hari ini," kata Suhadi kepada rilis.id, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Suhadi menyebut perkara itu diputus oleh Ketua Majelis Hakim Supandi dengan hakim anggotanya Yodi Martono Wahyunadi dan Sudaryono.

Saat ditanya pertimbangan hakim menolak kasasi itu, Suhadi enggan menjelaskannya. Sebab dikatakannya untuk pertimbangan akan ditampilkan direktori MA.

"Pertimbangkan nanti selanjutnya di update di website detailnya," paparnya.

Dilansir dari info perkara di website MA, juga turut disebutkan bahwa perkara kasasi yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar atas putusan PTUN itu ditolak.

"Amar Putusan No 250 K/TUN/PILK ADA/2018 Dengan Pemohon KPU Kota Makassar dan Termohon 1. MUNAFRI ARIFUDDIN, SH., 2. Drg. A. RACHMATIKA DEWI YUSTITIA IQBAL dinyatakan ditolak," ujar putusan tersebut.

Sebelumnya, dalam putusan PTUN (Nomor: 6/G/Pilkada/2018/PTTUN.MKS Tahun 2018), akhir 21 Maret 2018 lalu, hakim meminta pasangan petahana Wali Kota Makassar Danny Pomanto-Indira diskualifikasi sebagai kontestan Pilkada serentak 2018.

Tiga Hakim PTUN, kala itu, Edi Supriyanto (ketua), dua L Mustafa Nasution dan Evita Mawulan Akyati (hakim anggota), memutuskan membatalkan dan mencabut Keputusan KPU Kota Makassar Nomor: 35/P.KWK/HK.03.1-Kpt/7371/KPU-Kota/II/2018 Tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Tahun 2018, tanggal 12 Februari 2018, yang memasukkan Danny-Indira sebagai peserta pemilu.

PTUN juga memerintahkan kepada KPU Makassar, sebagai tergugat untuk menerbitkan Keputusan tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Wota Makassar Tahun 2018 yang memenuhi syarat, yaitu Munafri Arifuddin, SH dan drg. A. Rachmatika Dewi Yustitia Iqbal;

Putusan majelis hakim PTUN, juga menghukum Tergugat (KPU) untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp319 ribu.

Setelah putusan ini turun, pihak penggugat dalam hal ini kuasa hukum pasangan Appi-Cicu, Anwar Ilyas, meminta KPU segera menjalankan putusan PTUN, karena sudah berkekuatan hukum tetap. KPU Makassar pun kemudian mengajukan kasasi ke MA.

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)