logo rilis
Lulus SBMPTN 2018, Ini Langkah Selanjutnya
Kontributor
Ning Triasih
04 Juli 2018, 11:19 WIB
Lulus SBMPTN 2018, Ini Langkah Selanjutnya
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Sudah lihat pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 pada Selasa (3/7) kemarin? 

Selamat bagi Anda yang dinyatakan lulus dan diterima di PTN pilihan. Tapi bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati ya! Tetap semangat karena masih bisa lewat jalur Mandiri.

Lalu apa langkah selanjutnya untuk para peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN? Ini runtutannya dihimpun dari berbagai suumber:

1. Cetak Bukti Kelulusan

Begitu melihat hasil SBMPTN dan Anda dinyatakan lulus, jangan lupa cetak bukti kelulusan itu dan simpan baik-baik. Ini sangat berguna dan menjadi dokumen penting untuk daftar ulang atau masa orientasi mahasiswa baru.

2. Buka Website PTN Penerima

Untuk mengetahui apa saja ketentuan dan persyaratan registrasi atau daftar ulang, segera cek website PTN yang menerima Anda. Cari tahu jadwal serta proses registrasi. Yang pasti, perhatikan langkah yang harus dipenuhi sesuai intruksi pihak kampus.

3. Siapkan Dokumen Registrasi

Setelah dinyatakan lulus SBMPTN, tentu saja Anda tidak ujuk-ujuk masuk kuliah. Ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang mesti dipenuhi, yakni daftar ulang.

Dalam daftar ulang, siapkan dokumen lengkap untuk memenuhi persyaratan saat registrasi. Umumnya, dokumen yang harus disiapkan di antaranya:

1. Kartu tanda peserta SBMPTN.
2.  STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi.
3.  Fotokopi Akte Kelahiran.
4.  Kartu keluarga (KK).
5.  Pas foto terakhir.
6.  Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima (sesuai format yang diunduh dari sistem) asli.
7. Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus).
8. Bukti kelulusan di SBMPTN.

4. Verifikasi Data

Setelah registrasi ulang, biasanya calon mahasiswa diminta datang langsung ke PTN untuk melakukan verifikasi data. Selain itu, biasanya juga akan dilakukan tes kesehatan. Ingat, jadwal registrasi dan verifikasi setiap PTN itu berbeda, jadi pastikan Anda mencari informasi terbaru dari kampus penerima. Selamat berjuang!


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)