logo rilis

Luhut dan Prabowo Bertemu, Pengamat: Biar Tak Ada Calon Tunggal
Kontributor
Nailin In Saroh
09 April 2018, 16:13 WIB
Luhut dan Prabowo Bertemu, Pengamat: Biar Tak Ada Calon Tunggal
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Panjaitan. FOTO: RILIS.ID/Ainul Ghurri

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati menilai, pertemuan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk memastikan tidak adanya calon tunggal dalam Pilpres 2019 nanti.  

"Saya pikir ini menghindari adanya upaya calon tunggal dan kotak kosong dalam pilpres nanti," ujarnya di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Sementara, terkait dengan pencalonan mantan Panglima TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, Wasisto juga menilai cukup satu saja figur militer yang maju dalam pilpres. Sebab, jika lebih dari satu dikhawatirkan akan memicu persepsi publik kembalinya militerisme dalam kekuasaan.

Sehingga, kata dia, Jokowi tak perlu khawatir kalah jika ada calon lain selain Prabowo. Khususnya, Gatot Nurmantyo.

"Saya pikir demikian, karena semua kandidat yang sekarang ini muncul di media dan ruang publik lebih condong menjadi cawapres daripada capres. Mereka sadar betul akan popularitas dan elektabilitas Jokowi yang tinggi sehingga enggan nyapres. Hal itulah yang bagi pemerintah untuk mendorong adanya kompetitor daripada kotak kosong," jelas Wasisto.

Wasisto mengatakan, Jokowi juga tak perlu mengutus Luhut Panjaitan bahkan Puan Maharani untuk melobi Prabowo agar maju dalam Pilpres 2019. "Justru itu mungkin bagian dari strategi tak tertulis dari Jokowi," tandasnya.

Sebelumnya, pertemuan Luhut dan Prabowo terjadi pada Jumat (6/4), di restoran salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Saat disinggung apa yang dibahas keduanya, Jokowi mengaku dirinya tidak tahu isi pertemuan tersebut.

"Jadi tiap hari ketemu mereka, tiap minggu pasti ketemu, ya ketemu ngomongnya apa, ya tanya ke Pak Luhut," ujar dia.

Jokowi juga tidak menjawab apakah ia menitipkan pesan khusus ke Prabowo melalui Luhut.

"Ya tiap hari ketemu," jawab Presiden saat ditanya wartawan mengenai hal yang dipesankan melalui Luhut.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)