logo rilis
LSM Israel Sebut Penembakan Demonstran Palestina Langgar Hukum
Kontributor
Syahrain F.
01 April 2018, 19:07 WIB
LSM Israel Sebut Penembakan Demonstran Palestina Langgar Hukum
Ribuan rakyat Palestina mengular di sepanjang perbatasan Gaza-Israel dalam aksi demonstrasi Land Day, pada 30 Maret 2018. FOTO: MEMO/Mohammed Assad

RILIS.ID, Yerusalem— Kelompok HAM Israel mengecam dan menyebut respons Israel terhadap demonstran Palestina di Jalur Gaza sebagai tindakan melanggar hukum.

"Menembak demonstran tak bersenjata adalah perbuatan yang melanggar hukum dan perintah yang memperbolehkan tembakan juga melanggar hukum," kata kelompok B'tselem dalam pernyataannya pada Sabtu (31/3/2018).

17 warga Gaza menjadi korban jiwa dan ratusan lainnya terluka diakibatkan tindakan pasukan Israel yang menembaki demonstran saat menggelar Land Day.

Land Day adalah peringatan tahunan Palestina untuk mengenang tewasnya enam warga Arab-Israel yang dibunuh pasukan Israel pada 1976 ketika mendemo penyitaan tanah  di Israel Utara.

B'Tselem mengatakan, area demonstrasi seharusnya tidak dijadikan "zona perang".

Aksi protes pada Jumat merupakan awal dari aksi protes enam pekan yang puncaknya pada 15 Mei, hari yang disebut warga Palestina sebagai "Nakba" atau "Bencana", yakni ketika Israel berdiri.

Demonstran menuntut agar pengungsi Palestina mendapat hak kembali ke kota dan desa asalnya ketika mereka terusir pada 1948 silam akibat didirikannya Israel.

Sumber: Anadolu Agency


komentar (0)