logo rilis
Lonjakan Komunikasi saat Lebaran, YLKI Minta Operator Antisipasi Gangguan Sinyal
Kontributor
Elvi R
04 Juni 2018, 12:32 WIB
Lonjakan Komunikasi saat Lebaran, YLKI Minta Operator Antisipasi Gangguan Sinyal
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta operator telepon selular untuk mengantisipasi gangguan sinyal saat mudik Lebaran 2018. Pasalnya, sebagaimana sektor transportasi, selama arus mudik Lebaran, sektor telekomunikasi juga akan mengalami lonjakan komunikasi yang sangat signifikan. 

"Bahkan akan mengalami heavy traffic di banyak titik mudik Lebaran," ungkap Tulus di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Menurutnya, demi kenyamanan dalam bertelekomunikasi YLKI minta operator telekomunikasi untuk menjaga keandalannya, seperti memperbaiki atau menambah kapasitas infrastrukturnya, misalnya BTS, dan lainnya. Khususnya, di daerah/lokasi yang jumlah lonjakan pemudiknya paling tinggi, atau tempat-tempat wisata populer yang banyak menyedot pengunjung. 

"Selama arus mudik Lebaran, gangguan komunikasi yang dominan dialami konsumen adalah, koneksi internet lambat, atau bahkan putus sambung, sehingga pesan data terkirim tapi delay atau bahkan gagal/tidak terkirim. Demikian juga komunikasi via voice dan juga via pesan pendek, SMS," katanya.

YLKI minta Kementerian Kominfo dan BRTI meningkatkan pengawasannya, guna memonitor performa kinerja operator telekomunikasi. "Jangan sampai selama mudik Lebaran konsumen mengeluarkan banyak dana untuk konsumsi telekomunikasi, tapi dirugikan karena kualitasnya jelek," tegas Tulus.


500
komentar (0)