logo rilis
LIPI: Syarat 20 Persen, Tak Jamin Jokowi Menang
Kontributor
Nailin In Saroh
24 Maret 2018, 18:30 WIB
LIPI: Syarat 20 Persen, Tak Jamin Jokowi Menang

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, Jokowi belum tentu memenangkan kontestasi pilpres 2019. Sekalipun syarat 20 persen Presidential Threshold telah dipenuhi capres petahana tersebut.

"Kalaupun pasal dan ayat dibuat untuk memayungi berlakunya PT (presidential threshold) 20 persen tidak ada jaminan juga petahana akan menang," ujar Siti di Jakarta, Sabtu (24/3/2018).

Menurut Wiwik, sapaan akrabnya, dinamika politik masih sangat dinamis, cair dan penuh opsi-opsi. "Masalahnya apakah kehendak sebagian besar masyarakat memang ke Jokowi sebagai petahana yang ikut berkompetisi dalam pemilu 2019 atau sebaliknya malah mereka menginginkan munculnya pemimpin nasional baru," tukasnya.

Selain itu, lanjut Wiwik, syarat PT 20 persen menjadi perdebatan lantaran Pemilunya serentak. Ia pun mempertanyakan apa yang mendasari pemilu 2014 menjadi acuan landasan hukum pemilu 2019.

"Karena itu suara hakim MK juga tidak tunggal dan ada dissenting opinion," sambungnya.

Menurut Wiwik, saat ini hanya masalah integritas menjadi prioritas bagi parpol dan calon pemimpin.

"Bila calon diusung parpol yang salah, ini akan berdampak terhadap calon. Artinya, integritas dan kredibilitas serta meningkatnya elektabilitas parpol akan berdampak terhdap calon," pungkasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)