logo rilis
Lima Wisata Hits di Cirebon yang Harus Dikunjungi Tahun Ini
Kontributor
Ning Triasih
07 Juni 2018, 10:26 WIB
Lima Wisata Hits di Cirebon yang Harus Dikunjungi Tahun Ini
FOTO: Jejakpiknik

RILIS.ID, Jakarta— Jawa Barat memiliki banyak alternatif kota wisata kekinian yang bisa dikunjungi. Tak hanya Bandung atau Bogor saja, di daerah Pantura ada Kota Cirebon dengan destinasi wisata yang tak kalah hits.

Berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, menjadikan Cirebon memiliki perpaduan budaya Jawa-Sunda yang khas. Nah ada baiknya langsung kita simak tempat wisata di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi.

1. Ade Irma Suryani Waterland

Taman air ini terletak di pusat Kota Cirebon, dekat dengan pelabuhan Cirebon. Terdapat banyak fasilitas air yang akan membuat liburan Anda menjadi seru. Waterboom untuk anak-anak bermain air, kolam arus atau kolam renang olimpic untuk olahraga. Bila tak ingin berbasah ria, Anda bisa hanya berjalan-jalan di taman sekitarnya yang memiliki suasana pinggir laut. Ada restoran di bangunan kapal yang menyediakan menu makanan Sunda. Anda juga bisa menginap di penginapan apung pinggir laut dan merasakan sensasi tidur diiringi deburan ombak pantai utara Jawa. Jangan lupa untuk mengambil foto yang eksotis ya!

2. Pantai Kejawanan

Nah, kalau pantai yang satu ini terkenal dengan keindahan sunset-nya. Pantai yang terletak di Jalan Yos Sudarso ini ramai dikunjungi saat akhir pekan. Dengan ombak yang tak terlalu tinggi, pantai ini aman untuk bermain air bagi anak-anak sekali pun. Namun, tetap harus waspada ya! 

Bila sudah puas bermain di pantai dan mulai lapar, warung-warung seafood tersedia berjejer di pinggir pantai dan siap memuaskan selera Anda. Pantai Kejawanan juga memiliki mitos lho! Menurut cerita yang beredar, dengan berkumur atau mandi air pantai ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

3. Taman Goa Sunyaragi

Meski namanya goa, pemandangan artistik yang ada di sana tak boleh dilewatkan. Taman ini dulunya merupakan bagian dari keraton Kasultanan Cirebon.  Di dalamnya terdapat taman air seperti kolam dan pesanggrahan yang dibagi-bagi menjadi beberapa kamar. Goa ini telah direnovasi dan dijadikan tempat wisata untuk umum. Saat ini telah terdapat banyak fasilitas tambahan seperti panggung dengan bangku untuk penonton. Di sana kadang diselenggarakan juga pertunjukan tari tradisional atau atraksi budaya lainnya.

4. Sentra Batik Trusmi

Anda tahu kan motif batik megamendung khas Cirebon yang sedang digandrungi di dunia fashion batik? Nah, di Sentra Batik Trusmi, Anda bisa menemukan berbagai produk fashion batik kekinian. Mulai dari harga murah dan ramah di kantong, hingga harga lumayan kualitas premium tersedia di sana. Selain kain dan baju, ada pula kerajinan batik lainnya seperti patung batik atau aksesori lain yang dapat dijadikan untuk cinderamata. Di waktu tertentu juga diselenggarakan workshop membatik yang bisa Anda ikuti untuk menambah ilmu.

5. Apita Waterboom

Tempat rekreasi air yang satu ini terletak di daerah Kedawung, tepat di belakang hotel Apita. Tempat ini telah menjadi wisata air favorit warga Cirebon karena fasilitas main airnya yang seru dan tiket masuk cukup terjangkau. Ada kolam untuk dewasa dan kolam khusus anak-anak. Anda bisa meluncur di lintasan perosotan air yang berkelok-kelok atau bermain di kolam arus.  Jangan lupa ajak seluruh anggota keluarga dan rasakan serunya main air bersama.

Itulah wisata kekinian yang sedang hits di Cirebon. Pastikan Anda menyisihkan waktu untuk mengunjunginya. Bila ingin mencari hotel murah di Cirebon, Anda bisa mengandalkan aplikasi Airy Rooms untuk pesan hotel jauh hari. Ada banyak diskon dan promo juga lho


 
Dengan mitra hotel terbesar di Indonesia, Anda akan mendapatkan jaminan fasilitas lengkap seperti kamar hotel yang bersih berpendingin ruangan, kamar mandi dengan shower air hangat dan tentu saja perlengkapan mandinya, TV layar datar di setiap kamarnya, air minum, hingga wifi gratis. Nah tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan Anda ke Cirebon sekarang juga!


500
komentar (0)