logo rilis

Libur Lebaran, Dinas Dukcapil Daerah Diminta Tetap Kerja
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
08 Juni 2018, 21:30 WIB
Libur Lebaran, Dinas Dukcapil Daerah Diminta Tetap Kerja
Rekam KTP elektronik di Dinas Dukcapil. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Libur lebaran sudah tiba. Saatnya rehat sejenak meninggalkan pekerjaan kantor untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Kini, suasana lebaran dan mudik ke kampung halaman sudah mulai terasa, memadati jalan raya.

Namun, tidak halnya dengan dinas dukcapil kabupaten/kota. Instansi pelaksana layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) ini diimbau untuk tetap buka, memberikan layanannya selama libur lebaran. Daerah menyambut positif, beberapa di antaranya sudah menyiapkan diri. 

Pemprov DKI Jakarta misalnya, Suku Dinas Dukcapil Kota Jakarta Pusat sudah sejak lama membuka layanan di hari libur. Mereka rutin mengadakan layanan keliling untuk memastikan warga DKI memiliki dokumen kependudukan. 

“Bentuk layanan administrasi kependudukan yakni dalam bentuk layanan mobile yang ada setiap Sabtu dan hari-hari besar tertentu,” ujar Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Pusat, Remon Mastadian.

Pelayanan lainnya yang disediakan Dukcapil Jakarta Pusat adalah layanan mobile bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Sementara, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Dukcapil setempat terus melakukan upaya secara maraton menyambangi warga di kampung untuk melakukan perekaman KTP.

“Banyak warga yang kesulitan karena harus datang ke kantor Dinas Dukcapil. Hal ini juga dilakukan untuk peningkatan pelayanan kepada warga, khususnya jelang libur Idul Fitri dan Pilkada,” terang Kepala Dinas Dukcapil Sitaro, George Bawole.

Hingga saat ini masih terdapat ribuan warga Sitaro yang belum melakukan perekaman, yakni sekira 2.189 orang.

Beralih ke pantai dewata Bali, tepatnya di Kota Denpasar, Dinas Dukcapil menyatakan siap memberikan pelayanan saat libur panjang cuti bersama lebaran.

“Layanan di Denpasar di antaranya di RSUD Wangaya, Puskesmas dan pelayanan publik lainnya seperti Dinas Dukcapil tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat di tanggal 11, 12, 19 dan 20 Juni 2018,” ungkap Sekda Kota Denpasar, AA. Ngurah Rai Iswara.

Layanan libur lebaran juga menyebar ke daerah lain di semua wilayah, wilayah barat, tengah dan timur. 

“Ini adalah contoh baik Dinas Dukcapil yang komitmen membahagiakan rakyatnya,” ujar Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh memotivasi daerah untuk membuka layanan Adminduk selama libur Lebaran 2018. Dukcapil


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)