logo rilis
Libur Lebaran, Bawaslu Monitor PNS
Kontributor

12 Juni 2018, 04:35 WIB
Libur Lebaran, Bawaslu Monitor PNS
Pegawai Negeri Sipil (PNS). ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Mataram— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap akan memantau aktivitas pegawai negeri sipil (PNS), meski libur Lebaran. Alasannya, menghindari penyalahgunaan wewenang dan melakukan politik praktis di kalangan abdi negara.

"Sekarang fokus kita selain pengawasan terhadap tahapan pilkada, kami juga melakukan pemantauan terhadap aktivitas ASN (aparatur sipil negara)," ujar Komisioner Bawaslu NTB, Umar Ahmad Seth, di Mataram, Senin (11/6/2018).

"Karena, dugaan kita di saat mereka bekerja pun banyak ASN yang ikut terlibat politik praktis. Apalagi, di libur cuti seperti ini," imbuhnya meyakinkan.

Menurut Umar, potensi PNS terlibat dalam politik praktis selama cuti Lebaran cukup besar. Sebab, bisa dimanfaatkan untuk mengampanyekan calon tertentu.

"Kenapa bisa dimungkinkan mereka turun? Karena dalam diri mereka melakukan itu. Tetapi, walaupun demikian, tidak hilang jabatan atau ASN mereka itu," katanya.

Ketua Bawaslu NTB, Muhammad Khuwailid, menambahkan, pihaknya tetap melakukan pengawasan di lapangan untuk meminimalkan pelanggaran selama libur.

"Bagi kami tidak ada libur, meski ada cuti Lebaran. Karena sesuai tupoksi Bawaslu, harus tetap melakukan pengawasan. Jadi, tidak ada kata libur," tutupnya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)