logo rilis
Lengkapi Asupan gizi, Coba Sayur dan Buah Ini Setiap Hari 
Kontributor
Ibrahim
21 Mei 2018, 10:15 WIB
Lengkapi Asupan gizi, Coba Sayur dan Buah Ini Setiap Hari 

RILIS.ID, Jakarta— Setiap hari kita dianjurkan makan buah dan sayur. Manfaat dari berbagai buah dan sayur sangat banyak, khususnya bagi kesehatan. 

Tentunya, konsumsi buah dan sayur yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi juga sangat penting untuk dipenuhi. Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013 sebanyak 93,5% penduduk berusia di atas 10 tahun masuk kategori kurang makan buah dan sayur.

Di indonesia kita hanya mengonsumsi 2,5 porsi sayur per harinya, bahkan negara yang baru merdeka lebih tinggi konsumsinya dibanding kita.

Dr Rangan Chatterjee, penulis 'The Four Pillar Plan' menyebutkan ada satu sayur yang setidaknya harus dikonsumsi oleh orang-orang (terutama yang enggak suka sayur). 

Dr Chatterjee mengklaim bahwa sayuran hijau yang satu ini dapat meningkatkan bakteri usus manusia sehingga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan usus.

Brokoli termasuk keluarga sayuran cruciferous, selain kale, kembang kol, kecambah brussels, bok choy, kubis, dan lobak. Bahkan, tahu tidak, makan sayuran cruciferous dalam jumlah yang tinggi telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah terutama kanker paru-paru dan usus besar.

Penelitian menunjukkan bahwa sulforaphane yang dikandung oleh keluarga cruciferous dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC), yang diketahui terlibat dalam perkembangan sel kanker.

Di samping itu, cukup dengan satu cangkir brokoli cincang sudah menyediakan 92 mikrogram vitamin K yang mana lebih dari 100 persen kebutuhan harian. Mengkonsumsi jumlah vitamin K yang cukup meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium urin.

Tuh, enggak ada alasan deh untuk tidak mengonsumsi sayuran yang satu ini. Ayo hidup lebih sehat mulai sekarang.
 


500
komentar (0)